Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar (Studi Korelasional terhadap Siswa SMAN 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar).

Mulyani, Dessy (2013) Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar (Studi Korelasional terhadap Siswa SMAN 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DESSY_MULYANI_00048_1500_2013.pdf] Text
B1_5_DESSY_MULYANI_00048_1500_2013.pdf

Download (367kB)

Abstract

Kesiapan belajar merupakan salah satu faktor penting untuk menentukankeberhasilan siswa dalam belajar. Kenyataan yang ditemui di lapangan, bahwa masihbanyak siswa yang belum memiliki kesiapan dalam belajar seperti suka keluar masukdalam belajar, suka mencontoh tugas teman, tidak memperhatikan guru pada saatmenerangkan pelajaran, sering meminjam buku sama teman. Tujuan penelitian inimendeskripsikan kesiapan belajar siswa dan prestasi belajar, selanjutnya untukmelihat hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis deskriptifkorelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Rambatan KabupatenTanah Datar. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik proportional stratifiedrandom sampling, dan didapat sampel siswa kelas X dan XI yang berjumlah 79 orangsiswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket dengan skalaLikert. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik persentase, dan analisiskorelasi, dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution versi17.00.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) kesiapan belajar siswa beradapada kategori cukup baik, (2) prestasi belajar berada di kategori cukup baik, (3)Terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar siswa dengan prestasibelajar, dimana taraf signifikansi 0,000 (0,000< 0,05) dan koefisien korelasi 0,540.Dengan demikian diharapkan kepada guru pembimbing untuk lebih dapatmerencanakan serta menerapkan pelayanan dalam memberikan informasi mengenaipentingnya kesiapan dalam belajar terutama kesiapan diri, sehingga siswa tersebutmemiliki kesiapan yang matang dalam mengikuti pelajaran agar siswa dapatmeningkatkan prestasi belajarnya dan mengembangkan segenap potensi yangdimilikinya. Guru mata pelajaran untuk lebih dapat memperhatikan kondisi siswadalam belajar apakah siswa tersebut siap untuk mengikuti pelajaran atau tidak. Bagisiswa, agar siswa dapat meningkatkan kesiapan belajar dan juga dapatmempertahankan kesiapan belajar yang sudah dimiliki dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESIAPAN BELAJAR, PRESTASI BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:30
Last Modified: 16 Jun 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13956

Actions (login required)

View Item
View Item