Jumiarti, Desri (2012) Hubungan Penerapan Disiplin oleh Orangtua dengan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa (Studi Korelasional terhadap Siswa SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DESRI_JUMIARTI_04187_4087_2012.pdf [thumbnail of B1_5_DESRI_JUMIARTI_04187_4087_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DESRI_JUMIARTI_04187_4087_2012.pdf
Download (992kB)
Abstract
Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dari aspek psikologis salahsatunya adalah dari aspek lingkungan keluarga. Orangtua merupakan faktor yangbanyak mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar, misalnya dalam bentuk disiplinoleh orangtua. Kenyataan yang ditemui di lapangan, bahwa masih banyak siswamenunjukkan motivasi belajar yang rendah seperti suka keluar masuk dalam belajar,mencontoh tugas teman, dan jarang bertanya kepada guru mata pelajaran. Tujuanpenelitian ini pertama adalah untuk mendeskripsikan penerapan disiplin oleh orangtuakepada siswa, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Kedua, untuk melihathubungan penerapan disiplin oleh orangtua dengan motivasi belajar siswa danpenerapan disiplin oleh orangtua dengan hasil belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis deskriptifkorelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Pantai CerminKabupaten Solok. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik proportionalstratified random sampling, dan didapat sampel siswa kelas VII, VIII, dan IX yangberjumlah 84 orang siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakanangket dalam bentuk skala bertingkat berdasarkan prinsip-prinsip Likert. Datadianalisis dengan menggunakan teknik statistik persentase, analisis Korelasi danRegresi, dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution forwindows release 16.0.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat penerapan disiplin olehorangtua kepada siswa berada di kategori cukup baik, (2) motivasi belajar siswaberada di kategori cukup tinggi, (3) siswa sudah memperoleh hasil belajar yang cukuptinggi, (4) hubungan antara penerapan disiplin oleh orangtua kepada siswa denganmotivasi belajar siswa adalah berkorelasi signifikan dan interpretasinya agak rendah,(5) hubungan antara penerapan disiplin oleh orangtua kepada siswa dengan hasilbelajar siswa berkorelasi signifikan dengan interpretasi rendah. Dengan demikiandisarankan agar penerapan disiplin oleh orangtua kepada siswa dan motivasi belajarsiswa lebih diungkapkan melalui faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhimotivasi serta membina dan menumbuhkembangkan motivasi dan kesadaranpenerapan disiplin oleh orangtua kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DISIPLIN ORANGTUA, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:08 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13948 |