Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA N 1 Lubuk Basung, Kabupaten Agam

Kamal, Guspitria (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA N 1 Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_GUSPITRIA_KAMAL_89332_3269_2012.pdf] Text
B1_4_GUSPITRIA_KAMAL_89332_3269_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar Sosiologi siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Basung, Kabupaten Lubuk
Basung di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu 70 yang telah ditetapkan. Salah
satu penyebabnya adalah kurangnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran karena
guru cenderung karena faktor internal (individu siswa itu sendiri seperti kurangnya minat dan
motivasi belajar), dan faktor eksternal (seperti model dan strategi yang kurang mampu
memberikan variasi dalam belajar sehingga kurang dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk
menuangkan ide, gagasan, dan pendapat dalam proses pembelajaran). Untuk mengatasi masalah
di atas, peneliti mencoba menggunakan strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran
Menyenangkan dengan Humor terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA N 1 Lubuk
Basung, Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen dengan
desain penelitian Randomized Contol Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Sampel penelitian ini dipilih
secara acak yaitu kelas X5 kelas eksperimen dan X6 sebagai kelas kontrol.
Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan hasil pengujian hipotesis terdapat
perbedaan hasil belajar sosiologi antara proses pembelajaran dengan menggunakan strategi
pembelajaran menyenangkan dengn humor dengan menggunakan pembelajaran konvensional
yaitu sebesar 60,23 untuk kelas eksperimen dan 33,67 untuk kelas kontrol, pengolaan data tes
dilakukan dengan menggunakan uji T sebesar T tabel 2,00 < T hitung 8,04, maka hipotesis
diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi
Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor sangat penting digunakan dalam usaha
meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap
materi yang diberikan. Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, akan
memudahkan siswa dalam belajar dan dapat merangsang siswa sehingga dapat menciptakan
situasi dalam proses pembelajaran yang lebih baik dalam pembelajaran sosiologi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:05
Last Modified: 16 Jun 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13921

Actions (login required)

View Item
View Item