Nasra, Herino (2017) Pengaruh Penggunaan Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar- Dasar Elektronika Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_HERINO_NASRA_1306233_1533_2017.pdf [thumbnail of B1_05_HERINO_NASRA_1306233_1533_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_HERINO_NASRA_1306233_1533_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pokok permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Sebagian besar hasil
belajar siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,48 % dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75 dari rentang 0 - 100. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya
hasil belajar, salah satunya adalah strategi dan model pembelajaran yang kurang efektif. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian yang
berbentuk eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran media CD Interaktif untuk memotivasi siswa pada mata pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah.Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan perbedaan hasil
belajar antara model pembelajaran media CD Interaktif dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen tidak murni(quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio
Video sebanyak 31 orang. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah totaliting sample (semua populasi dijadikan sampel). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 36 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dengan model pembelajaran media CD Interaktif sebesar 80,44 dan kelas kontrol dengan model
pembelajaran langsung sebesar 68,20. Hasil hipotesis diperoleh nilai t hitung 2,862>t tabel 2,045. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya diterima
pada taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran media CD Interaktif berpengaruhsebesar 17,95 % terhadap hasil belajar siswa pada pada pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika kelas X Teknik Audio
Video SMKN 1 Koto XI Tarusan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:04 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13908 |