Usni, Havizatil (2013) Kontribusi Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XE SMKN 5 Padang Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Tahun Ajaran 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_HAVIZATIL_ USNI_02722_6781_2013.pdf [thumbnail of B1_05_HAVIZATIL_ USNI_02722_6781_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_HAVIZATIL_ USNI_02722_6781_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran DLE beberapa siswa kelas XE SMK Negeri 5 Padang, dimana 41,67% siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran DLE yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi disiplin belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada mata
pelajaran DLE siswa kelas XE SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 96 siswa dan sampel berjumlah 49 siswa kelas XE SMK N 5 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran DLE SMK
Negeri 5 Padang. Sedangkan data disiplin belajar siswa dan lingkungan sekolah dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007. Hasil analisis data menunjukkan:(1) Disiplin Belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 26,89% terhadap hasil
belajar siswa SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013; (2) Lingkungan sekolah memberikan kontribusi sebesar 24,32% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013; (3) Disiplin Belajar dan lingkungan
Sekolah secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 36,03% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jadi dapat disimpulkan bahwa Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah berkontribusi
terhadap hasil belajar, semakin tinggi disiplin belajar siswa dalam proses belajar mengajar dan semakin baik lingkungan sekolah, maka hasil belajar akan semakin
tinggi, begitupun sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:00 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13884 |