Desneli, Desneli (2013) Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa melalui Layanan Informasi di Kelas VII SMPN 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DESNELI_04254_2999_2013.pdf [thumbnail of B1_5_DESNELI_04254_2999_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DESNELI_04254_2999_2013.pdf
Download (463kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 1 Padang Panjang ditemukanadanya hubungan siswa yang kurang harmonis dengan teman satu kelas dalambelajar. Hal ini terlihat dari adanya siswa yang berkelahi dengan teman satu kelas.Kurangnya perhatian siswa terhadap layanan informasi yang disampaikan olehguru pembimbing, dan dalam proses pembelajaran sering terjadinya pelanggaranperaturan sekolah yang dilakukan oleh siswa. Untuk itu penelitian ini bertujuanmengungkap bagaimana penyesuaian diri siswa sebelum dan setelah diberikanlayanan informasi.Penelitian ini menggunakan metode experiment dengan jenis the onegroup pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1Padang Panjang yang berjumlah 261 siswa dengan jumlah sampel 34 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Datadikumpulkan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan ujiperbedaan dua rata-rata sampel yang saling berhubungan (paired sample t-tes)dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution(SPSS) versi 17.0.Temuan penelitian menunjukkan secara umum bahwa penyesuaian dirisiswa SMP N 1 Padang Panjang sebelum diberikan layanan informasi, termasukdalam kategori cukup baik dengan skor rata-rata 123,382. Penyesuaian diri siswasetelah diberikan layanan informasi meningkat dengan skor rata-rata 127,735berada pada kategori cukup baik. Sedangkan dari hasil perhitungan t-tes diperoleht hitung besar dari t tabel (4,808τ hitung > 1,691τ tabel) dengan taraf kepercayaan95%, terdapat perbedaan penyesuaian diri siswa kelas VII.B SMP N 1 PadangPanjang sebelum dan setelah diberikan layanan informasi, yaitu penyesuaian dirisiswa meningkat setelah diberikan layanan informasi. Hal ini berarti pemberianlayanan informasi efektif dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa di sekolah.Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru BK agar lebihmeningkatkan pemberian layanan informasi agar dapat membantu mengatasipermasalahan yang dialami siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENYESUAIAN DIRI SISWA, LAYANAN INFORMASI, |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:58 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 01:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13869 |