Pengaruh LKS Berorientasi Pendekatan Saintifik dalam Metode Quatum Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang.

Desestra, Desestra (2015) Pengaruh LKS Berorientasi Pendekatan Saintifik dalam Metode Quatum Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DESESTRA_1101417_3242_2015.pdf] Text
B1_5_DESESTRA_1101417_3242_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih sedikitnya bahan ajar berorientasipendekatan saintifik termasuk LKS dan metode pembelajaran yang kurangmenarik saat ini, termasuk di SMA Negeri 2 Padang. Kurikulum 2013 menuntutguru untuk mampu mendayagunakan keseluruhan potensi siswa dalam belajar,sehingga pembelajaran terpusat pada siswa. Salah satu pendekatan yang berkaitandengan tuntutan tersebut adalah pendekatan saintifik, agar pembelajaran dapatdilaksanakan dengan baik diperlukan bahan ajar dan metode yang mendukungproses pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidikipengaruh LKSBerorientasi Pendekatan Saintifik dalam Metode QuantumLearningterhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang.Jenis penelitian ini adalah “quasi eksperiment” dengan rancangan“randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasX SMA Negeri 2 Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015.Sampling dilakukan dengan teknikCluster Random Sampling. Data penelitianmeliputi hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumenpenelitian berupa tes tertulis untuk hasil belajar ranah kognitif, lembar observasiuntuk hasil belajar ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk penilaian unjuk kerjaranah psikomotor. Analisis data untuk ketiga ranah hasil belajar dilakukan denganuji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas yangtelah dilakukan maka uji kesamaan dua rata-rata yang sesuai adalah uji t.Analisis data hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelaseksperimen 82,33 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 76,25. Hasil belajar padaranah afektif didapatkan rata-rata kelas eksperimen 84,03 dan kelas kontrol81,03.Hasil belajar pada ranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen88,11 lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol 80,22. Analisis ujikesamaan rata-rata yang dilakukan yaitu uji t untuk ketiga ranah hasil belajar.Pada ranah afektif diperoleh th = 0,955 < tt = 1,67, pada ranah kognitif th = 2,31> tt= 1,67, dan pada ranah psikomotor th = 2,50> tt = 1,67. Dapat disimpulkan bahwahipotesis dalam penelitian ini terdapat perbedaan yang berarti penerapanLKSberorientasi pendekatan saintifik dengan metode quantum learningterhadaphasil belajar fisika siswa kelas X SMANegeri 2 Padanguntuk ranah kognitif danpsikomotor diterima, namun untuk hasil belajar pada ranah afektif ditolak padataraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN SAINTIFIK, QUATUM LEARNING, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:57
Last Modified: 16 Jun 2025 01:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13858

Actions (login required)

View Item
View Item