Alfitri, Deri Utami (2013) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis E-learning pada Materi Teori Kinetik Gas Sekolah Menengah Atas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DERI_UTAMI_ALFITRI_01913_875_2013.pdf [thumbnail of B1_5_DERI_UTAMI_ALFITRI_01913_875_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DERI_UTAMI_ALFITRI_01913_875_2013.pdf
Download (810kB)
Abstract
Dalam pembelajaran fisika pada materi Teori Kinetik Gas masih ditemukanberbagai permasalahan, diantaranya keterbatasan bahan ajar yang ada. Siswa hanyamenggunakan satu atau dua buku sumber pelajaran seperti buku teks dan LKS.Kurang tersedianya bahan ajar yang bervariasi, membuat pembelajaran cenderungberpusat pada guru, sehingga pembelajaran terkesan monoton, dan timbul kejenuhanpada siswa. Akibatnya siswa menjadi malas dalam mengikuti pelajaran fisika danketika ada permasalahan dalam penyelesaian soal siswa menjadi kurang mandiridalam mengerjakannya. Selain itu, perkembangan teknologi membuat siswa lebihtertarik mengakses internet dibandingkan dengan membaca buku. Oleh karena itu,perlu dikembangkan bahan ajar yang dengan menggunakan teknologi internet yaitudengan menggunakan e-learning. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitiandengan tujuan menghasilkan bahan ajar fisika berbasis e-learning pada materi TeoriKinetik Gas yang valid, efektif dan praktis.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D).Sebagai objek penelitian yaitu bahan ajar fisika berbasis e-learning pada materi TeoriKinetik Gas dan subjek uji coba adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 padang.Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembarvalidasi tenaga ahli, angket respon siswa dan angket respon guru terhadap bahan ajarfisika berbasis e-learning pada materi Teori Kinetik Gas, serta tes hasil belajar.Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan,metode grafik dan analisis deskriptif.Pada penelitian ini telah berhasil dibuat bahan ajar fisika berbasis e-learningpada materi Teori Kinetik Gas. Uji validitas yang dilakukan oleh 5 orang validatordalam aspek substansi materi, penggunaan bahasa, design pembelajaran, kegrafisandan aspek pemanfaatan software menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasise-learning yang dihasilkan sangat valid dengan nilai rata-rata 85,6. Hasil ujipraktikalitas dalam aspek kepraktisan bahan ajar menunjukkan bahan ajar ini praktisbagi guru dan sangat praktis bagi siswa dengan nilai rata-rata 81,5 dan 82. Hasil ujiefektivitas bahan ajar fisika berbasis e-learning adalah efektif yang ditandai denganpeningkatan hasil belajar fisika dari 75,8 ke 82,7 pada uji kelas terbatas. Dari hasiltersebut disimpulkan bahwa bahan ajar fisika berbasis e-learning pada materi TeoriKinetik Gas valid, praktis dan efektif digunakan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR FISIKA, E-LEARNING, KINETIK GAS |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:57 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13856 |