Profil Keterampilan Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Lenganyang Kabupaten Pesisir Selatan dan Implikasi terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Zandra, Primiko (2015) Profil Keterampilan Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Lenganyang Kabupaten Pesisir Selatan dan Implikasi terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_PRIMIKO_ZANDRA_88104_911_2015.pdf] Text
B1_5_PRIMIKO_ZANDRA_88104_911_2015.pdf

Download (658kB)

Abstract

Keterampilan belajar setiap siswa berbeda-beda apalagi antara siswa yang hasil belajar tingi dengan hasil belajar rendah. Kenyataannya masih ada siswa menunda-nunda dalam mengerjakan tugas dan malas dalam belajar. Padahal ketrampilan belajar sangat berperan penting untuk membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan belajar siswa di SMP Negeri 4 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI dan VII SMP Negeri 4 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 312 orang siswa dengan sampel penelitian 48 orang siswa. Teknik pengambilan sampel “Proportional sampling”. Alat pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket. Data persentase dengan analisis persentase dibantu dengan program Microsoft Office Excel. Hasil penelitian mengungkapkan (1). Keterampilan menjalani proses belajar dikategorikan cukup baik. (2). Keterampilan mengatur waktu belajar cukup baik. (3). Keterampilan memanfaatkan waktu belajar dikategorikan cukup baik. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa keseluruhan keterampilan belajar siswa di kategorikan cukup baik. Dari hasil penelitian, Saran yang dapat diberikan kepada Guru bimbingan dan konseling (guru BK) sekolah hendaknya mampu menggunakan layanan yang ada dalam bimbingan dan konseling secara maksimal untuk membantu mengentaskan masalah siswa yang keterampilan belajaran masih tidak baik. Guru mata pelajaran hendaknya meningkatkan lagi metode belajar semenarik mungkin agar siswa tertarik mengikuti pelajaran yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROFIL KETERAMPILAN BELAJAR SISWA, LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 11:51
Last Modified: 13 Jun 2025 11:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13825

Actions (login required)

View Item
View Item