Osmita, Deni (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 11 Kampung Jua Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DENI_OSMITA_93815_848_2012.pdf [thumbnail of B1_5_DENI_OSMITA_93815_848_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DENI_OSMITA_93815_848_2012.pdf
Download (652kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaransering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan pengamatanpeneliti pada tanggal Maret 2011 ditemukan hasil belajar IPA siswa masih rendah,untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencobameningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui PendekatanInkuiri di kelas IV SD Negeri 11 Kampung Jua Kota Padang.Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas yang terdiri dari IIsiklus, dan setiap siklus ada tahap-tahap yaitu tahap perencanaan, tahappelaksanaan langkah-langka pendekatan inkuiri dan tahap tindak lanjutpendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelaskelas IV SD Negeri 11 Kampung Jua Kota Padang. Penilaian yang digunakandalam pengumpulan data adalah penilaian proses, penilaian hasil, formatpencatatan lapangan, analisis penerapan pendekatan inkuiri dari aspek guru dansiswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakantes dan menguji ketuntasan belajar dengan persentase.Dari nilai rata-rata hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekataninkuiri pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Jumlah siswa kelas IV SDNegeri 11 Kampung Jua Kota Padang adalah 35 0rang, jumlah laki-laki 19 orangdan perempuan 16 orang. Persentase nilai pada siklus I pertemuan I dan II adalahaspek kognitif 34%, 43% aspek Afektif 37.69%, 55% dan aspek Psikomotor35.7%, 50.24%. begitu juga dengan persentase nilai pada siklus II pertemuan Idan II juga mengalami kenaikan, dimana aspek kognitifnya 60%, 91%, aspekafektif 60.24%, 78.81%, dan psikomotor 60.95%, 83.10%. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekataninkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 11 KampungJua Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN IPA, PENDEKATAN INKUIRI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 11:36 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 11:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13821 |