Hafifah, Hafifah (2016) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pemberian Penguatan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X ADP SMK Negeri 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_HAFIFAH_1207172_5436_2016.pdf [thumbnail of B1_05_HAFIFAH_1207172_5436_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_HAFIFAH_1207172_5436_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Pengaruh lingkungan keluarga dan pemberian penguatan secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X ADP SMK Negeri 2 Pariaman (2) Pengaruh lingkungan keluarga motivasi belajar siswa kelas X ADP SMK Negeri 2 Pariaman
(3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas X ADP SMK Negeri 2 Pariaman Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas X ADP SMK Negeri 2 Pariaman yaitu sebanyak 79 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Data pekerjaan orang tua siswa dan absensi siswa berupa data
sekunder yaitu dari guru mata pelajaran kearsipan dan data untuk lingkungan keluarga, pemberian penguatan dan motivasi belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan (1) Analisis
Deskriptif (2) Uji Prasyarat Data (3) Uji Regresi Berganda (4) Koefisien Determinasi (5) Uji F (6) Uji t
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan keluarga dan pemberian penguatan secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap terhadap motivasi belajar siswa kelas X ADP SMK Negeri 2 Pariaman, dimana kontribusi secara bersama-sama dari variabel independen yang digunakan terhadap variabel dependen adalah 43.1%, (2) lingkungann keluarga berpengaruh signifikan dan positif terhadap terhadap motivasi belajar siswa kelas X ADP SMK Negeri 2 Pariaman, (3) pemberian penguatan berpengaruh signifikan dan positif terhadap terhadap motivasi belajar siswa kelas X ADP SMK Negeri 2 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diberikan saran antara lain (1) bagi guru sebaiknya lebih memperhatikan pemberian reward dan hukuman
karena diberikan pada saat yang tepat maka akan menigkatkan motivasi belajar siswa (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar karena dalam penelitian ini peneliti hanya meneliti 2 faktor eksternal yang motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 11:35 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 11:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13819 |