Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Oleh Guru Geografi di SMA N 3 Padang Panjang (Studi Kasus Pada Pembelajaran Geografi Kelas XI Semester I KD 1.1)

Marito, Jamila (2019) Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Oleh Guru Geografi di SMA N 3 Padang Panjang (Studi Kasus Pada Pembelajaran Geografi Kelas XI Semester I KD 1.1). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_JAMILA_MARITO_15045022_5290_2019.pdf] Text
B1_01_JAMILA_MARITO_15045022_5290_2019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan alam
sebagai sumber belajar oleh guru geografi di SMAN 3 Kota Padang Panjang pada
pembelajaran kelas XI semester I tentang ketersediaan dan relevansinya dengan
KD kelas XI semester I, hambatan dan upaya guru geografi kedepannya dalam
memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada kelas XI semester I.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian
ini adalah guru geografi SMAN 3 Padang Panjang. Jumlah informan diperoleh 2
orang guru geografi kelas XI dan informan pelengkap. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Peneliti menemukan bahwa : Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai
Sumber Belajar oleh Guru Geografi Kelas XI semester I di SMA Negeri 3 Padang
Panjang. (1) Ketersediaan lingkungan alam sebagai sumber belajar berupa lembah
anai, batang anai, bukit-bukit, hutan, tumbuhan, tanah, hewan, energy matahari,
dan angin relevan dengan KD kelas XI semester I; (2) Lingkungan alam sebagai
sumber belajar yang tersedia disekitar wilayah Kota Padang Panjang belum
dimanfaatkan oleh guru geografi kelas XI semester I; (3) Hambatan pemanfaatan
lingkungan alam sebagai sumber belajar berupa terbatasnya waktu jam pelajaran,
akses, biaya, dan tim guru dalam membantu untuk mengkoordinir siswa ; (4)
Upaya kedepannya dalam pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar
oleh guru geografi kelas XI semester I berupa memprogramkan pembelajaran
diluar sekolah pada waktu libur, berkolaborasi dengan mata pelajaran lain agar
guru yang mengawasi peserta didik seimbang jumlahnya, dan membawa siswa fill
trip kedaerah-daerah terdekat dan disesuaikan dengan materi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan alam, sumber belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:34
Last Modified: 11 Feb 2025 07:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item
View Item