Liza, Gustina (2017) Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Memahami Prinsip Pembuatan Master di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_GUSTINA_LIZA_1302394_3199_2017.pdf [thumbnail of B1_05_GUSTINA_LIZA_1302394_3199_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_GUSTINA_LIZA_1302394_3199_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah kurangnya ketercapaian target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memahami Prinsip Pembuatan Master Di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menerapkan media
interaktif macromedia flash dengan media presentasi power point pada mata pelajaran Memahami Prinsip Pembuatan Master kelas X Teknik Audio Video semester genap SMK Negeri 1 Sumatera Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis
penelitian ini bersifat quasy eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik randomized control group posstest only design. Sampel penelitian yaitu kelas X TAV A sebagai kelas eksperimen menggunakan media interaktif macromedia
flash dan kelas X TAV B sebagai kelas kontrol menggunakan media presentasi power point. Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji
hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 84.06, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78,25. Besar persentase pengaruh sebesar 7.42%. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t hitung> ttabel yaitu 1.75 > 1,697, karena thitung besar dari ttabel, makahipotesis nihil (H
0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat
disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara penggunaan Media Interaktif Macromedia Flash dengan media presentasi power point pada mata pelajaran
Memahami Prinsip Pembuatan Master siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK N 1 Sumatera Barat. Maka Media Interaktif Macromedia Flash lebih baik di bandingkan dengan media presentasi power point.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:21 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 01:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13804 |