Oktavia, Jeli (2019) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pendukung Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_JELI_OKTAVIA_15045072_5321_2019.pdf [thumbnail of B1_01_JELI_OKTAVIA_15045072_5321_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_JELI_OKTAVIA_15045072_5321_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media sosial sebagai pendukung
pembelajaran geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial oleh siswa
sebagai pendukung pembelajaran geografi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 2 Lubuk Basung, yang
berjumlah 150 orang.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) 100% siswa mengetahui
keberadaan media sosial. 67% siswa rata-rata menggunakan media sosial 2-3 kali
dalam seminggu dengan durasi waktu 30-60 menit. (2) Media sosial yang paling
sering digunakan siswa untuk mendukung pembelajaran geografi adalah youtube,
google dan email. (3) 81,83% siswa menggunakan media sosial untuk mendukung
pembelajaran geografi dalam bentuk diskusi, mengirim tugas, kuis dan konsultasi
dengan guru. (4) 39% siswa menggunakan media sosial karena keterbatasan
pengetahuan dalam mengerjakan tugas serta keterbatasan waktu dan jarak dalam
belajar. 69% siswa merasa ketagihan menggunakan media sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Pembelajaran Geografi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 07:29 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 07:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1379 |