Pengaruh Handout Berorientasi Materi Bencana terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Invitation Into Inquiry pada Materi Hukum Konservasi Energi dan Momentum yang Terintegrasi Bencana Longsor di Kelas XI SMA N 1 Padang

Iskardyani, Delfi (2013) Pengaruh Handout Berorientasi Materi Bencana terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Invitation Into Inquiry pada Materi Hukum Konservasi Energi dan Momentum yang Terintegrasi Bencana Longsor di Kelas XI SMA N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DELFI_ISKARDYANI_12716_2607_2013.pdf] Text
B1_5_DELFI_ISKARDYANI_12716_2607_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa Provinsi Sumatera Baratberada di daerah yang berpotensi mengalami bencana longsor sehinggadibutuhkan penanaman sikap siaga terhadap bencana longsor. Mata pelajaranfisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat diintegrasikan denganbencana longsor khususnya pada materi Hukum Konservasi Energi Mekanik.Model pembelajaran yang diterapkan adalah Invitation Into Inquiry berbantukanHandout yang terintegrasi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh Handout berorientasi materi bencana longsor pada materi HukumKonservasi Energi Mekanik.Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental. Populasi dalampenelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Padang yang terdaftartahun ajaran 2012/2013. Sampel ditentukan melalui teknik Cluster RandomSampling, kelas yang terpilih menjadi kelas sampel adalah kelas XI IPA 5 dan XIIPA 6. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal objektif untuk ranahkognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitianmenggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif maupun afektif.Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata siswa pada ranahkognitif untuk kelas eksperimen adalah 88,46 dan kelas kontrol adalah 85,14. Ujihipotesis tentang kesamaan dua rata-rata nilai siswa pada ranah kognitifmenggunakan statistik penguji t menunjukkan bahwa tH < -tt. Selanjutnya, nilairata-rata siswa pada ranah afektif untuk kelas eksperimen adalah 72,21 dan kelaskontrol adalah 60,05. Uji hipotesis tentang kesamaan dua rata-rata nilai siswapada ranah afektif menggunakan statistik penguji t juga menunjukkan bahwa tH <-tt. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa terdapatpengaruh yang berarti dalam penerapan Handout berorientasi materi bencanaterhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Invitation Into Inquiry padamateri hukum konservasi energi dan momentum yang terintegrasi materi bencanalongsor di kelas XI SMA N 1 Padang dapat diterima pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HANDOUT, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN INVITATION INTO INQUIRY
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:18
Last Modified: 13 Jun 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13788

Actions (login required)

View Item
View Item