Selvika, Gusmya (2013) Pengaruh Penggunaan Classroom Blogging Berbasis Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran KKPI di SMK Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_Gusmya_ Selvika_97913_5898_2013.pdf [thumbnail of B1_05_Gusmya_ Selvika_97913_5898_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_Gusmya_ Selvika_97913_5898_2013.pdf
Download (539kB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di SMK Negeri 3 Padang, banyaknya siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran yang memperoleh hasil belajar KKPI di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah sebesar 75. 35%
siswa yang berada di bawah KKM dan 75% siswa yang berada di atas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan Classroom Blogging berbasis pembelajaran Student Centered Learning (SCL) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Negeri 3 Padang. Teknik pengambilan
sampel dilakukan secara purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan Classroom Blogging berbasis Student Centered Learning, dan kelompok kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah soal objektif sebanyak 35 butir soal. Kemudian dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode
pembelajaran Classroom Blogging berbasis Student Centered Learning (SCL) yaitu 81,2 lebih besar dibandingkan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu 75,4. Sedangkan dari hasil hipotesis di dapat t hitung 2,41 > t tabel (1,672). Dengan demikian menolak hipotesis nol atau hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran Classroom Blogging berbasis Student Centered Learning (SCL) memberikan pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa daripada metode konvensional,
dan secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:18 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13787 |