Rahmayanti, Dela (2020) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva Menggunakan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Pendingin dan Tata Udara di SMK Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DELA_RAHMAYANTI_16065018_166_2021.pdf [thumbnail of B1_5_DELA_RAHMAYANTI_16065018_166_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DELA_RAHMAYANTI_16065018_166_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penilitian bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnyapenerapan media pembelajaran canva dengan pendekatan saintifik terhadap hasilbelajar peserta didik Kelas X Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) diSMKN 3 Kota Pariaman mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Metodeyang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk desaineksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi ExperimentalDesign dengan Nonequivalent Control Group Design. Seubjek dari penelitian initerdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TPTU A sebagai kelas kontrol dan kelas XTPTU B sebeagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel ini dilakukan denganpurposive sampling atau berdasarkan dengan tujuan tertentu untuk kesetaraankedua kelas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan posttest di akhirpembelajaran. Hal ini dinyatakan dari hasil belajar penelitian pada kelaseksperimen memperoleh rata-rata 82,50 sedangkan kelas kontrol memperolehrata-rata 74,18. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai thitung 2,99 > ttabel 2,672maka dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan dengan menerapkan mediapembelajaran canva dengan pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA CANVA, DASAR LISTRIK, HASIL BELAJAR,ELEKTRONIKA |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:17 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 07:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13784 |