Analisis terhadap Masalah yang Dialami Siswa yang Tidak Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal

Lestari, Pina (2014) Analisis terhadap Masalah yang Dialami Siswa yang Tidak Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_PINA_LESTARI_96087_4014_2014.pdf] Text
B1_5_PINA_LESTARI_96087_4014_2014.pdf

Download (782kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang dialami siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Adapun masalah yang dialami siswa yang tidak mencapai KKM adalah masalah dalam belajar, dalam keluarga, dalam pengisian waktu luang dan dalam pergaulan dengan teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan masalah yang dialami siswa yang tidak mencapai KKM dalam belajar, dalam keluarga, dalam pengisian waktu luang dan dalam pergaulan dengan teman sebaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 5 Padang Panjang, dengan jumlah subjek penelitian yaitu 35 orang siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil dari penelitian adalah masalah yang dialami siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu: (1) dalam belajar dengan persentase sebanyak 63,4% dengan kategori banyak masalah, (2) dalam keluarga dengan persentase sebanyak 88,3% dengan kategori sangat banyak mengalami masalah, (3) dalam pengisian waktu luang dengan persentase sebanyak 72,2% dengan kategori sangat banyak mengalami masalah, (4) dalam pergaulan dengan teman sebaya dengan persentase yaitu 77,1% kategori sangat banyak mengalami masalah. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada Kepala Sekolah SMP N 5 Padang Panjang hasil penelitian untuk memberikan perhatian yang ekstra terhadap masalah yang dialami siswa yang tidak mencapai KKM dan menyesuaikan kurikulum sekolah dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki siswa dengan mengadakan remedial. Selanjutnya, kepada Guru Mata Pelajaran di SMP N 5 Padang Panjang untuk lebih meningkatkan metode mengajar yang baik dan menyenangkan bagi siswa dan memotivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui pemberian penguatan berupa penghargaan, pujian, hadiah dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Kepada Guru BK di SMP N 5 Padang Panjang hasil agar dapat bekerjasama dengan orangtua dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM dan dapat memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan siswa asuh. Kepada orangtua agar dapat memberikan perhatian yang lebih kepada anak dalam meningkatkan hasil belajar anak dalam meningkatkan hasil belajar anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:27
Last Modified: 13 Jun 2025 02:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item
View Item