Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pemberian Penguatan dari Guru dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Seni Rupa Siswa SMA Negeri 11 Padang

Helmi, Pebriza (2012) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pemberian Penguatan dari Guru dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Seni Rupa Siswa SMA Negeri 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_PEBRIZA_HELMI_01705_3877_2012.pdf] Text
B1_5_PEBRIZA_HELMI_01705_3877_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan persepsi siswa tentang pemberian penguatan dari guru dengan hasil belajar seni rupa siswa, (2) hubungan persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan hasil belajar seni rupa siswa, dan (3) hubungan persepsi siswa tentang pemberian penguatan dari guru dan perhatian orang tua dengan hasil belajar seni rupa siswa SMA Negeri 11 Padang. Dalam penelitian ini penulis mengajukan hipotesis: (1) penguatan dari guru mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam bidang seni rupa, (2) perhatian orang tua mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam bidang seni rupa, dan (3) penguatan dari guru dan perhatian orang tua bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam bidang seni rupa. Untuk menguji hipotesis tersebut maka dilaksanakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 11 Padang. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial, yaitu uji korelasi parsial, uji normalitas sebaran data, dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara penguatan dari guru terhadap hasil belajar seni rupa siswa dengan tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05 dan (2) terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar seni rupa siswa dengan tingkat signifikan 0,000 > α = 0,05. Dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara penguatan dari guru dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar seni rupa siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada orang tua agar memberikan perhatian, dukungan, motivasi dan bimbingan kepada anaknya sesuai dengan yang dibutuhkannya. Dari hasil penelitian diharapkan orang tua agar dapat meningkatkan lagi perhatian kepada anak agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibidang seni rupa. Bagi guru agar memberikan penguatan yang baik kepada siswa dalam belajar. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan tujuan belajar, menggunakan sumber-sumber belajar yang dipilihnya, membuat keputusan akademis dan melakukan kegiatan-kegiatan yang dipilihnya untuk mencapai tujuan belajarnya, dan bagi siswa sendiri hendaknya dapat menilai kemampuan dirinya dan dapat menerima dirinya sendiri apa adanya serta dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan orang tua, guru dan teman sebaya sehingga akan menciptakan hubungan yang baik dalam belaja

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL, BELAJAR SENI RUPA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:17
Last Modified: 13 Jun 2025 02:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13746

Actions (login required)

View Item
View Item