Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 2 Koto XI Tarusan.

Windra, Darma (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 2 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DARMA_WINDRA_96920_4455_2014.pdf] Text
B1_5_DARMA_WINDRA_96920_4455_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan kenyataan di lapangan yakni, prosespembelajaraan bersifat teacher centered. Siswa belajar hanya mengandalkanmateri yang disampaikan oleh guru sehinga siswa menjadi kurang aktif dalampembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya aktivitas belajar siswa. Selainitu, siswa belum terbiasa mengaitkan pembelajaran dengan kehidupanbermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh ModelPembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pendekatan CTL Terhadap HasilBelajar Fisika Siswa kelas XI Semester II SMAN 2 Koto XI Tarusan.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research)dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalampenelitian ini terdiri dari empat kelas dari kelas XI IPA 1 sampai kelas XI IPA 4di SMAN 2 Koto XI Tarusan . Teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 3sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 26 siswa dan kelas XI IPA 4 sebagaikelas kontrol yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajarmelalui tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif danranah psikomotor. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji-tpada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada ranahkognitif, afektif, dan psikomotor pada kelas eksperimen masing-masing 74,20,80,73, dan 84,88. Sedangkan pada kelas kontrol masing-masing 65,04, 72,97, dan80,92. Pada uji t hasil yang didapatkan nilai Hi berada di luar daera Ho inimenunjukan bahwa perlakuan yang diberikan diterima. Berati dari hasil belajaryang telah dicapai dan uji t yang dilakukan menunjukan bahwa pengunaan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pendekatan CTL memberikanpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa Kelas XI Semester II SMAN 2 KotoXI Tarusan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATI, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 11:06
Last Modified: 12 Jun 2025 11:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13729

Actions (login required)

View Item
View Item