Efektivitas LKS Berorientasi Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian HOTS Siswa pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Kelas X SMAN 2 Pariaman.

Pratama, Dara Putri (2020) Efektivitas LKS Berorientasi Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian HOTS Siswa pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Kelas X SMAN 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DARA_PUTRI_PRATAMA_16033008_1176_2020.pdf] Text
B1_5_DARA_PUTRI_PRATAMA_16033008_1176_2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk mampu berpikir kritis, problemsolving, berkomunikasi, bekerjasama, serta menciptakan dan memperbaharui.Dalam menyikapi tuntutan abad ke-21 pemerintah merancang suatu upaya untukmeningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan melakukan evaluasi danpengembangan kurikulum. Hal ini dapat terlihat dengan perubahan kurikulum yangsesuai dengan tuntutan pendidikan. Kurikulum 2013 Revisi 2017 menekankan padakemampuan berpikir kritis dalam proses belajar. Fisika adalah mata pembelajaranyang dapat menghasilkan generasi muda yang produktif, kreatif, inovatif. Pelajaranfisika menuntut siswa dapat memahami dan memecahkan permasalahan lingkunganyang ada dikehidupan nyata. Dengan kemampuan berfikir kritis, kreatif,bekerjasama, dan berkomunikasi dapat dikembangkan untuk membekali siswadalam menghadapi tantangan dalam abad 21. Namun, kondisi nyata di sekolahmenunjukkan bahwa pelajaran fisika belum berjalan optimal. Untuk membantuproses belajar mengajar diperlukan sumber belajar. Salah satu sumber belajar yangdiperlukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah bahan ajar dalam bentuklembar kerja siswa yang berorientasi HOTS dengan menggunakan model inkuiriterbimbing.Desain yang digunakan pada penelitan ini One group pretest posttest design.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji N- gain dan one sampel ttest. Hasil penelitian menunjukkan LKS ini dinyatakan efektif sebagai inovasipembelajaran berdasarkan indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitumenganalisis (C4) dan mencipta (C6) masuk dalam kategori tinggi dengan N-gain0,70 sedangkan untuk mengevaluasi diperoleh diperoleh Ngain 0,72. EfektivitasLKS berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi terbukti berpengaruh untukmenumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi berdasarkan perolehan hasilmenggunakan effect size sebesar 0,6 untuk menganalisis dan mengevaluasisedangkan untuk mencipta yaitu sebesar 0,7

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INKUIRI TERBIMBING, PARABOLA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 11:06
Last Modified: 12 Jun 2025 11:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13726

Actions (login required)

View Item
View Item