Trisna, Dana (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 4 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DANA_TRISNA_96906_5416_2013.pdf [thumbnail of B1_5_DANA_TRISNA_96906_5416_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DANA_TRISNA_96906_5416_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar dan penguasaan terhadap konsepFisika rendah yang disebabkan oleh pembelajaran lebih didominasi oleh guru.Model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. Interaksi yangmenggiring siswa dalam menemukan konsep Fisika selama pembelajaranberlangsung kurang. Untuk itu telah dilakukan penelitian yang bertujuan untukmenyelidiki pengaruh model pembelajaran problem posing tipe post solutionposing terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI di SMAN 4 Payakumbuh.Populasi penelitian eksperimen semu adalah semua siswa kelas XI diSMAN 4 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014, denganrancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Teknik samplingyang digunakan adalah Purposive Sampling. Variabel bebas penelitian yaitupembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem posing tipe postsolution posing, variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dan variabel pengendaliyaitu guru, materi serta jumlah jam pelajaran yang diberikan sama. Instrumenpenelitian menggunakan lembaran tes untuk ranah kognitif, dan lembar observasiuntuk ranah afektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji kesamaandua rata-rata.Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan bahwa hipotesis kerjayang berbunyi “terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaranproblem posing tipe post solution posing terhadap hasil belajar Fisika siswa kelasXI SMAN 4 Payakumbuh” dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Jadi dapatdisimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing tipe postsolution posing dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa untuk ranahkognitif dan afektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, POST SOLUTION POSING, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 06:20 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 06:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13722 |