Kurniawan, Dicky (2013) Deskripsi Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Padang Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_DICKY_KURNIAWAN_98864_20_2014.pdf [thumbnail of B1_4_DICKY_KURNIAWAN_98864_20_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_DICKY_KURNIAWAN_98864_20_2014.pdf
Download (809kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh komunikasi interpersonal pendidik dalam
kegiatan belajar mengajar pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di
Kecamatan Padang Barat, dari pengamatan awal peneliti terhadap beberapa
lembaga PAUD di Kecamatan Padang Barat, peserta didik sebagian besar telah
memperlihatkan sikap dan tutur bahasa yang baik dengan sesama maupun dengan
orang-orang yang ada disekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah,
1) Menggambarkan komunikasi verbal pendidik terhadap peserta didik dalam
proses belajar mengajar pada pendidikan anak usia dini di Kecamatan Padang
Barat, 2) Menggambarkan komunikasi non verbal pendidik terhadap peserta didik
dalam proses belajar mengajar pada pendidikan anak usia dini di Kecamatan
Padang Barat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi adalah pendidik Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD) yang berada di Kecamatan Padang Barat Kota Padang.
Mereka berjumlah 34 orang, semua populasi dijadikan sampel, maka teknik
pengambilan sampelnya dengan cara totality sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan data observasi dan teknik analisis data menggunakan deskriptif
kuantitatif dengan perhitungan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan komunikasi interpersonal yaitu komunikasi
verbal sudah berlangsung dengan baik, komunikasi nonverbal yang digunakan
guru dalam melaksanakan belajar mengajar sudah berlangsung dengan baik. Saran
yang dapat dikemukakan adalah guru sebagai pendidik harus bisa menggunakan
komunikasi verbal dengan baik untuk melaksanakan proses belajar mengajar
sehingga di harapkan pendidik mampu menyamapaikan pelajaran kepada peserta
didik dengan baik dan peserta didik dapat menerima pelajaran yang di sampaikan
pendidik dengan baik, diharapkan pendidik dalam melaksanakan proses belajar
mengajar selalu menggunakan komunikasi interpersonal dengan baik, hal ini juga
bisa di tunjang dengan komunikasi nonverbal yaitu untuk menyampaikan
pelajaran kepada peserta didik pendidik harus bisa mengunakan ekspresi wajah
dan gerak isyarat yang mengambarkan bahwa pendidik mengerti dengan apa yang
dirasakan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 05:19 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 05:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13712 |