Baratesty, Cynthia (2014) Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar dan Implikasinya terhadap Layanan BK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_CYNTHIA_BARATESTY_96126_1025_2014.pdf [thumbnail of B1_5_CYNTHIA_BARATESTY_96126_1025_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_CYNTHIA_BARATESTY_96126_1025_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masa remaja adalah masa dimana siswa dapat mengembangkan potensimereka untuk meraih prestasi di dalam belajar agar menjadi bekal dimasa depannyadalam menuju kehidupan yang sukses, untuk mencapai kesuksesan dalam berprestasisalah satu yang harus dimiliki adalah kepercayaan diri. Namun kenyataan yang ada disekolah masih banyak siswa yang menunjukkan sikap kurangnya kepercayaan diridalam belajar, diantaranya beberapa siswa terlihat cemas saat diminta untukmengemukakan pendapat, siswa tidak mau sukarela dalam mengemukakanpendapatnya, siswa gugup saat menjawab pertanyaan yang diajukan, serta siswamalu-malu saat diminta berbicara di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan kepercayaan diri siswa dalam belajar ditinjau dari percaya akankemampuan/kompetensi diri, kemampuan untuk tidak bersifat konformitas, beranimenjadi diri sendiri, pengendalian diri yang baik, kemampuan memiliki internal locusof control, pandangan positif terhadap diri sendiri, dan kemampuan memiliki harapanyang realistik terhadap diri sendiri.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan populasi seluruh siswakelas VII, VIII, dan IX di SMPN 25 Padang sebanyak 856 siswa, teknik penarikansampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dandidapatkan sampel sebesar 90. Data dikumpulkan menggunakan angket dan teknikanalisis data menggunakan rumus persentase.Dari hasil penelitian terlihat bahwa kepercayaan diri siswa dalam belajar beradapada kategori tinggi, hal ini dapat dilihat dari persentase setiap aspek yaitu percayaakan kemampuan/kompetensi diri sebesar 73,78%, kemampuan untuk tidak bersifatkonformitas 73,48%, berani menjadi diri sendiri sebesar 69,53%, pengendalian diriyang baik sebesar 68,92%, kemampuan memiliki internal locus of control sebesar74,52%, pandangan positif terhadap diri sendiri sebesar 72,98%, dan kemampuanmemiliki harapan yang realistik terhadap diri sendiri sebesar 74,75%. Berdasarkanhasil penelitian, guru BK dapat membantu siswa dalam mempertahankankepercayaan diri siswa dalam percaya akan kemampuan/kompetensi diri, tidakbersikap konformitas, berani menjadi diri sendiri, pengendalian diri yang baik,kemampuan memiliki internal locus of control, pandangan positif terhadap dirisendiri, dan kemampuan memiliki harapan yang realistik terhadap diri sendiri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPERCAYAAN DIRI, LAYANAN BK |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 05:18 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 05:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13701 |