Efektivitas Metode Latihan dalam Membuat Keterampilan Hiasan Dinding Paper Quilling bagi Anak Autis (Single Subject Research di SLB Autisma YPPA Padang)

Apriadi, Ilham (2015) Efektivitas Metode Latihan dalam Membuat Keterampilan Hiasan Dinding Paper Quilling bagi Anak Autis (Single Subject Research di SLB Autisma YPPA Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ILHAM_APRIADI_1100301_3497_2015.pdf] Text
B1_2_ILHAM_APRIADI_1100301_3497_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dialami seorang
anak autis dalam mengikuti pembelajaran keterampilan, khususnya pada kegiatan
membuat hiasan dinding. Pembelajaran keterampilan yang diajarkan guru selama
ini menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, oleh karena itu peneliti ingin
meningkatkan kemampuan menggunakan metode latihan.
Penelitian ini dilaksanakan di SLB Autisma YPPA Padang dengan
menggunakan metode Single Subject Research. Teknik yang digunakan
eksperimen dengan desain A-B-A. Kondisi baseline (A1) yaitu kemampuan awal
anak dalam membuat hiasan dinding paper quilling, kondisi intervensi (B) yaitu
saat diberikan perlakuan melalui metode latihan, kondisi baseline (A2) setelah
tidak lagi diberikan perlakuan.
Setelah dilakukan penelitian sebanyak tujuh kali dengan data 33% pada
kondisi awal (A1) anak mampu mengukur, melipat, memotong, menggulung dan
memilin kecil pita dengan tangan. Kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak tiga
belas kali dengan data 100% anak mampu melaksanakan semua langkah membuat
keterampilan hiasan dindin, kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak sebelas kali
dengan data 100% anak telah mampu membuat keterampilan hiasan dinding
secara mandiri. Terbukti dari hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi
menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data
dan tingkat perubahan yang meningkat positif. Sehingga dapat disimpulkan
metode latihan efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat hiasan dinding
paper quilling pada anak autis. Disarankan guru dapat menggunakan metode
latihan dalam membuat keterampilan khususnya keterampilan hiasan dinding.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:27
Last Modified: 12 Jun 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13680

Actions (login required)

View Item
View Item