Yanna, Fitri (2018) Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Model Pembelajaran ICARE Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Pada Materi Gerak Pada Makhluk Hidup dan Benda Kelas VIII SMP N 31. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_FITRI_YANNA_1305756_388_2018.pdf [thumbnail of B1_05_FITRI_YANNA_1305756_388_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_FITRI_YANNA_1305756_388_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kompetensi peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 31 Padang belum tercapai dengan baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya bahan ajar dan pembelajaran masih berpusat kepada pendidik. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis model pembelajaran ICARE terhadap pencapaian kompetensi IPA peserta didik pada materi gerak pada makhluk hidup dan benda kelas VIII SMPN 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Designs dengan Randomized
Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 31 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 2 dan kelas VIII 3. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan Purposive Sampling. Data penelitian adalah hasil belajar peserta didik pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Data penelitian dianalisis
dengan uji kesamaan dua rata-rata. Uji kesamaan dua rata-rata dilakukan untuk nilai hasil belajar kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data penilaian kompetensi peserta didik pada tiga kompetensi. Pertama, pada kompetensi
pengetahuan diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 76,84 lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan rata-rata 72,24.
Berdasarkan uji statistik t, didapat t
hitung = 2,12 > ttabel = 2,00. Pada kompetensiketerampilan didapatkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 90,53 juga lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 87,08 didapatkan nilai t
hitung = 3,45 > ttabel = 2,00. Pada kompetensi sikap rata-rata hasilbelajar peserta didik kelas eksperimen 89,64 lebih tinggi dibandingkan rara-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol 88,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa
penggunaan LKPD berbasis model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VIII di SMPN 31 Padang pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 03:27 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13676 |