Harnin, Imelda Seprina (2022) Kepedulian Sosial Masyarakat tentang Anak Berkebutuhan Khusus Kategori C (Tunagrahita) di Nagari III Koto Aur Malintang Kecamatan IV Koto Aur Malintang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IMELDA_SEPRINA_HARNIN_16003142_786_2022.pdf [thumbnail of B1_2_IMELDA_SEPRINA_HARNIN_16003142_786_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_IMELDA_SEPRINA_HARNIN_16003142_786_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang kepedulian sosial masyarakat
tentang anak berkebutuhan khusus di Nagari III Koto Aur Malintang Kecamatan
IV Koto Aur Malintang. Penelitian ini permasalahan yang peneliti temukan oleh
dilatar belakang dilapangan saat melakukan observasi di Nagari III Koto Aur
Malintang Kecamatan IV Koto Aur Malintang. Peneliti menemukan ada beberapa
masyarakat yang masih belum menerima anak berkebutuhan khusus terutama
anak tunagrahita dan masyarakat yang menerima anak berkebutuhan khusus,
penyebab kurang pemahaman yang berkaitan tentang anak berkebutuhan khusus
sehingga masyarakat masih mengangap bahwa anak berkebutuhan khusus ini
harus diasingkan dan tidak boleh didekati.
tujuan dari Penelitian ini melihat bagaimana bentuk- bentuk kepedulian ,
jenis-jenis kepedulian. Aspek-aspek kepedulian dan implementasi kepedulian
penelitian ini adalah Jenis penelitian dekriptif kualitatif difokuskan pada bentuk
bentuk kepedulian, jenis-jenis kenepeulian aspek-aspek kepedulian sosial dan
implementasi kepedulian sosial. Subjek dari penelitian ini adalah masyarakat.
Teknik pengumpulan data kegiatan dilakukan pada penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan studi dokumentasi. Teknik Hasil penelitian ini adalah sebagai
berikut: 1) Bentu-bentuk kepedulian, 2) jenis-jenis kepedulian, 3) Aspek-Aspek
Kepedulian Sosial dan 4) Implementasi Kepedulian Sosial.
Disarankan bagi penulis selanjutnya memberikan pemahaman kepada
masyarakat supaya masyarakat merangkul, memberikan perhatian ataupun
bantuan kepada anak-anak berkebutuhan khusus terutama tunagrahita agar
menumbuhkan rasa percaya diri dan saat bersosialisasi dengan masyarakat anak
tidak merasa diasingkan atau dijauhi didalam lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:43 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13617 |