Efektivitas Pemanfaatan Edmodo Dalam Pembelajaran Geografi Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Kelas X IPS SMAN 7 Padang

Kumala Sari, Maya (2019) Efektivitas Pemanfaatan Edmodo Dalam Pembelajaran Geografi Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Kelas X IPS SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MAYA_KUMALA_SARI_15045023_5499_2019.pdf] Text
B1_01_MAYA_KUMALA_SARI_15045023_5499_2019.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan edmodo
dalam pembelajaran geografi pada materi Pengetahuan Dasar Pemetaan kelas X
IPS SMAN 7 Padang ditinjau dari minat belajar siswa, keterlibatan belajar siswa,
dan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (Quasi Experimental
Design). Teknik analisis data 1) Analisis deskriptif persentase digunakan untuk
menganalisis minat dan keterlibatan belajar siswa, 2) Analisis statistik inferensial
digunakan untuk menganalisis hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Minat belajar siswa Kelas X IPS
SMA Negeri 7 Padang dalam pembelajaran geografi menggunakan model
discovery learning dengan pemanfaatan media edmodo berada pada kategori
tinggi dengan persentase 76,80 %. 2) Keterlibatan belajar siswa dalam
pembelajaran geografi menggunakan model discovery learning dengan
pemanfaatan media edmodo berada pada kategori tinggi dengan persentase 70,87
%, sedangkan keterlibatan belajar siswa dalam pembelajaran geografi
menggunakan model discovery learning tanpa media edmodo berada pada
kategori rendah dengan persentase 62,28 %. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar
siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan perolehan rata-rata hasil
belajar kelas eksperimen sebesar 82,33 sedangkan kelas kontrol sebesar 73,33.
Hal ini didukung dengan pengujian hipotesis dengan perolehan thitung > ttabel yaitu
4,789 > 2,000 dan Sig. < Sig.α (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dan penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan
edmodo cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS di SMAN 7 Padang dengan perolehan
N-Gain sebesar 58,84 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Minat, Keterlibatan, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 11 Feb 2025 06:52
Last Modified: 11 Feb 2025 06:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item
View Item