Meningkatkan Keterampilan Vokasional Anak Tunarungu Melalui Media Video Tutorial: Quasi Eksperimen di SLBN 1 Kubung

Aulia, Cindy Rahmi (2019) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Anak Tunarungu Melalui Media Video Tutorial: Quasi Eksperimen di SLBN 1 Kubung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_CINDY_RAHMI_AULIA_15003113_5098_2019.pdf] Text
B1_2_CINDY_RAHMI_AULIA_15003113_5098_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di
SLBN 1 Kubung, terdapat lima orang siswa tunarungu bahwa motivasi atau
dorongan siswa dalam belajar keterampilan vokasioanl tergolong rendah karena
kurangnya keinginan untuk belajar keterampilan vokasional yang disebabkan
kemampuan guru dalam penggunaan media dalam proses pembelajaran terbatas,
serta kurang mampunya guru dalam memberikan inovasi-inovasi dalam
pembelajaran keterampilan vokasional mengakibatkan anak cepat bosan dalam
belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan media video tutorial
dapat meningkatkan keterampilan vokasional anak tunarungu di SLBN 1 Kubung.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen yang
berbentuk Quasi Eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest design.
Subjek penelitian berjumlah 5 orang anak tunarungu. Nilai dari hasil pretest dan
post test diolah dengan menggunakan uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan vokasional anak
tunarungu mengalami peningkatan. Dari hasil pengolahan data diperoleh Uhit= 25
dan Utab=2 dengan n=5 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Berdasarkan
hasil tersebut maka Uhit ≥ Utab, artinya Ha diterima dan H0 ditolak, jadi terbukti
bahwa media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan vokasional anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Vokasional Anak Tunarungu
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 11 Jun 2025 04:52
Last Modified: 11 Jun 2025 04:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13584

Actions (login required)

View Item
View Item