Strategies used by English Department Students at State University of Padang in Refusing Invitations in Indonesian and in English

Meliyawati, Romy (2011) Strategies used by English Department Students at State University of Padang in Refusing Invitations in Indonesian and in English. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4-ROMY_MELIYAWATI_86822_1899_2012.pdf] Text
B1_4-ROMY_MELIYAWATI_86822_1899_2012.pdf

Download (927kB)

Abstract

Setiap individu memiliki cara yang berbeda untuk menolak sebuah
undangan. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh budaya dari masingmasing
individu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi-strategi yang
digunakan oleh mahasiswa jurusan bahasa Inggris saat menolak undangan lisan
dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Teori untuk menolak undangan yang
digunakan dalam penelitian ini dikemukakan oleh Carmen Garcia (1992),
sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu
berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan tentang kondisi yang ada.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Discourse Completion Test
(DCT). Dari hasil analisa, jelas terlihat bahwa strategi yang paling banyak
digunakan mahasiswa jurusan bahasa Inggris saat menolak undangan lisan yang
berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris adalah sama (reason/explanation). Hal
ini disebabkan karena adanya pengaruh budaya, sehingga respon yang diberikan
terhadap undangan lisan yang berbahasa Inggris terkadang merupakan transfer
dari respon terhadap undangan lisan yang berbahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategies used Refusing Invitations
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:38
Last Modified: 11 Jun 2025 03:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item
View Item