Hasanah, Immatul (2022) Survei Pelaksanaan Pemebelajaran Daring oleh Guru Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kota Padang (Deskriptif Kuantitatif). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IMMATUL_HASANAH_16003143_1020_2022.pdf [thumbnail of B1_2_IMMATUL_HASANAH_16003143_1020_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_IMMATUL_HASANAH_16003143_1020_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masa pandemi Covid-19 yang 
memberikan dampak signifikan terhadap dunia pendidikan. Pelaksanaan 
pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka dialihkan menjadi 
pembelajaran daring. Pada kenyataannya tidak semua orang bisa melaksanakan 
pembelajaran secara daring, terutama anak berkebutuhan khusus yang seharusnya 
anak dibimbing langsung oleh guru yang bersangkutan, kini hanya dengan bimbingan 
online saja atau disebut dengan pembelajaran daring. Peneliti memutuskan 
pertanyaan dalam penelitian berupa bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring 
yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa di Kota Padang selama masa pandemi Covid
19. 
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik 
pengumpulan data berupa penyebaran angket online yang diberikan kepada 31 guru 
yang berasal dari 31 Sekolah Luar Biasa di Kota Padang sebagai responden. 
Penelitian dilakukan dalam waktu kurang lebih dua bulan. Angket diberikan kepada 
responden melalui https://docs.google.com/forms/d/1TfOfaGIDyYYcO2et1KUS3xq 
FEuJsdDKcr9Bs9-EY9A yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp. Data yang 
dikumpulkan lalu dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan persentase. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring 
oleh guru anak berkebutuhan khusus dapat dilihat dari tahap persiapan masuk pada 
kriteria baik (87,1%), selanjutnya tahap pelaksanaan dan evaluasi masuk pada kriteria 
cukup baik (64,5%) karena pelaksanaan yang dilakukan guru masih ada yang tidak 
melakukan pelaksanaan pembelajaran seperti saat mulai belajar mengucapkan salam, 
membaca doa, menanyakan kabar. Guru langsung menjelaskan pembelajaran, 
memberikan latihan soal dikarenakan belajar melalui pengiriman video, media 
WhatsApp, dan aplikasi Zoom. Pembelajaran daring ini tidak efektif diberikan pada 
anak berkebutuhan khusus karena kurangnya interaksi antara pengajar dengan peserta 
didik secara langsung sehingga pembelajaran tidak begitu sempurna.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 11 Jun 2025 04:51 | 
| Last Modified: | 11 Jun 2025 04:51 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13566 | 
 
         