Survei Pelaksanaan Pemebelajaran Daring oleh Guru Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kota Padang (Deskriptif Kuantitatif)

Hasanah, Immatul (2022) Survei Pelaksanaan Pemebelajaran Daring oleh Guru Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kota Padang (Deskriptif Kuantitatif). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_IMMATUL_HASANAH_16003143_1020_2022.pdf] Text
B1_2_IMMATUL_HASANAH_16003143_1020_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masa pandemi Covid-19 yang
memberikan dampak signifikan terhadap dunia pendidikan. Pelaksanaan
pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka dialihkan menjadi
pembelajaran daring. Pada kenyataannya tidak semua orang bisa melaksanakan
pembelajaran secara daring, terutama anak berkebutuhan khusus yang seharusnya
anak dibimbing langsung oleh guru yang bersangkutan, kini hanya dengan bimbingan
online saja atau disebut dengan pembelajaran daring. Peneliti memutuskan
pertanyaan dalam penelitian berupa bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring
yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa di Kota Padang selama masa pandemi Covid
19.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa penyebaran angket online yang diberikan kepada 31 guru
yang berasal dari 31 Sekolah Luar Biasa di Kota Padang sebagai responden.
Penelitian dilakukan dalam waktu kurang lebih dua bulan. Angket diberikan kepada
responden melalui https://docs.google.com/forms/d/1TfOfaGIDyYYcO2et1KUS3xq
FEuJsdDKcr9Bs9-EY9A yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp. Data yang
dikumpulkan lalu dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring
oleh guru anak berkebutuhan khusus dapat dilihat dari tahap persiapan masuk pada
kriteria baik (87,1%), selanjutnya tahap pelaksanaan dan evaluasi masuk pada kriteria
cukup baik (64,5%) karena pelaksanaan yang dilakukan guru masih ada yang tidak
melakukan pelaksanaan pembelajaran seperti saat mulai belajar mengucapkan salam,
membaca doa, menanyakan kabar. Guru langsung menjelaskan pembelajaran,
memberikan latihan soal dikarenakan belajar melalui pengiriman video, media
WhatsApp, dan aplikasi Zoom. Pembelajaran daring ini tidak efektif diberikan pada
anak berkebutuhan khusus karena kurangnya interaksi antara pengajar dengan peserta
didik secara langsung sehingga pembelajaran tidak begitu sempurna.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 11 Jun 2025 04:51
Last Modified: 11 Jun 2025 04:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item
View Item