Gevri Rahmah, Medysa (2019) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MEDYSA_GEVRI_RAHMAH_15045102_5417_2019.pdf [thumbnail of B1_01_MEDYSA_GEVRI_RAHMAH_15045102_5417_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MEDYSA_GEVRI_RAHMAH_15045102_5417_2019.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kemandirian Belajar
terhadap Hasil Belajar Geografi XI IIS di SMAN 1 Bandar Seikijang berdasarkan penilaian
kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kuantitatif dalam bentuk analisis korelasional. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik
Proportional Random Sampling dengan proporsi 60% sebanyak 56 orang siswa kelas XI IIS
SMAN 1 Bandar Seikijang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket kepada siswa.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS IBM versi 19.0
terdiiri dari analisis analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data dan pengujian hipotesis. Uji
persyaratan analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil
penelitian di simpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian
belajar dan hasil belajar Geografi. Besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar
geografi sebesar 88,3 % dan 11,7% dari variabel lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Geografi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 06:45 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 06:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1355 |