Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Kalimat bagi Siswa Kelas I SD Negeri 22 Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Fauzia, Ilda (2008) Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Kalimat bagi Siswa Kelas I SD Negeri 22 Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_ILDA_FAUZANA_81500_2008.pdf] Text
B1_ILDA_FAUZANA_81500_2008.pdf

Download (103kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 22 Lubuk Begalung, kemampuan
membaca siswa kelas I SD masih rendah. Dalam pengajarannya guru tidak
menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran sehingga siswa tidak tidak
termotivasi dan tidak bersemangat dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk
mendeskripsikan dan mengembangkan pelaksanaan pembelajaran membaca
permulaan melalui permainan kartu kalimat yang meliputi: perencanaan,
pelaksanaan yang terdiri dari tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca.
Pendekatan yang digunakan dalan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini
meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kegiatan penelitian
meliputi: (1) kegiatan prapenelitian yang terdiri dari studi pendahuluan , serta
penyusunan rancangan, (2) kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap
pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi, dan (3) kegiatan
pascapenelitian, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara
kolaboratif antara peneliti dan guru.
Hasil penelitian siklus I ternyata tingkat keberhasilan dari proses
pelaksanaan oleh guru 65 % dan hasil ketercapaian siswa 65 %. Hasil penelitian
siklus II ternyata tingkat keberhasilan dari proses pelaksanaan oleh guru 87,5 %
dan hasil ketercapaian siswa 83,3 %.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan kepada guru untuk dapat
menggunakan permainan kartu kalimat dalam pembelajaran membaca permulaan
bagi siswa kelas 1. Di samping itu, juga disarankan kepada guru untuk membuat
rancangan pembelajaran yang jelas dan rinci sesuai dengan komponen-komponen
perencanaan yang baik. Hal ini dimaksud agar pembelajaran dapat terlaksana
dengan efisien dan efektif. Dalam merancang pembelajaran disarankan
pertimbangkan kurikulum, kebutuhan siswa, dan minat siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Membaca Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 09:29
Last Modified: 10 Jun 2025 09:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13534

Actions (login required)

View Item
View Item