Putri, Bella Sukma (2020) Analisis Sajian Buku Teks Pelajaran untuk Memfasilitasi Terlaksananya Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Kelas XII Semester 2. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_BELLA_SUKMA_PUTRI_16033088_517_2020.pdf [thumbnail of B1_5_BELLA_SUKMA_PUTRI_16033088_517_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_BELLA_SUKMA_PUTRI_16033088_517_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pendidikan di Indonesia berkembang sesuai dengan kebutuhanmasyarakat. Perkembangan pendidikan di Indonesia bertujuan untukmenghasilkan peserta didik yang berkualitas. salah satu cara pemerintah untukmencapainya yaitu menyempurnakan kurikulum itu sendiri mulai dari KBKhingga saat ini kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memacu menggunakanpendekatan saintifik yang salah satunya dapat menerapkan keterampilan prosessains Keterampilan Proses sains (KPS) merupakan keterampilan yang di gunakandalam penyelidikan ilmiah yang dapat memfasilitasi peserta didik menemukanfakta, konsep serta dapat menerapkan teori dalam kehidupan sehari-hari. Salahsatu penunjang keterampilan proses sains yaitu buku teks pelajaran. Buku tekspelajaran merupakan sumber belajar utama dalam proses pembelajaran.Penggunaan buku teks pelajaran di sumatera barat sangat bervariasi. Penelitin inibertujuan untuk mengetahui tingkatan sajian KPS pada buku teks pelajaran yangdigunakan disekolah menengah atas di Sumatera Barat.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakanpendekatan kualitatif dengan populasi seluruh buku teks pelajaran fisika untukKelas XII semester 2 yang diterbitkan diIndonesia dan digunakan di sekolahmenegah atas di Sumatra Barat. Sampel penelitian ini adalah empat buku tekspelajaran Fisika yang paling banyak digunakan di sekolah menengah atas diSumatera Barat dan tiga diantaranya direkomendasikan oleh kementrianpendidikan dan kebudayaan.Buku teks pelajaran terdapat materi relativitaskhusus, teori kuantum, teknologi digital, fisika inti dan sumber energi. Instrumenyang digunakan sudah divalidasi oleh 3 orang ahli. Pada ahli pertama didapatkanskor 0,98% dikategorikan sangat valid, pada ahli kedua didapatkan skor 0,96%dikategorikan sangat valid, dan pada ahli kegita didapatkan skor sebesar 0,85%dikategorikan sangat valid. Instrumen KPS memiliki 10 komponen dandidefinisikan pada setiap indikator menjadi 37 butir-butir instrumen. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dengan dokumentasi.Berdasarkan hasil analisis sajian buku teks pelajaran fisika SMA kelas XIIsemester 2 didapatkan Hasil bahwa buku teks pelajaran fisika yang ditulis olehMuhammad Farchani Rosyid, dkk dan diterbitkan oleh Tiga serangkai pada tahun2016 memiliki tingkatan sajian KPS paling tinggi, sedangkan buku teks pelajaranfisika yang ditulis oleh Marthen Kanginan dan diterbitkan oleh Erlangga padatahun 2017 memiliki tingkatan sajian KPS yang paling terendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEKS PELAJARAN,PROSES SAINS,PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:05 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13500 |