Farantika, Bella (2015) Persepsi Peserta Didik tentang Program Peminatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_BELLA_FARANTIKA_1100553_5069_2015.pdf [thumbnail of B1_5_BELLA_FARANTIKA_1100553_5069_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_BELLA_FARANTIKA_1100553_5069_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Seiring dengan perkembangan pendidikan saat ini, perubahan kurikulumtidak mungkin dapat terelakan lagi. Perubahan kurikulum ini muncul untukmenjawab tantangan kebutuhan dari setiap pelaku pendidikan. Tahun 2013muncul kurikulum baru yang disebut kurikulum 2013 yang memberikankesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikisecara optimal melalui layanan peminatan.Peminatan peserta didik merupakan suatu proses pengambilan pilihan dankeputusan oleh peserta didik dalam bidang keahlian yang didasarkan ataspemahaman potensi diri dan peluang yang ada. Penelitian ini dilatarbelakangi olehberbagai kendala yang terjadi dalam pelaksanaan peminatan peserta didik disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi peserta didiktentang pelaksanaan peminatan (2) mendeskripsikan persepsi peserta didik peranpersonil sekolah dalam peminatan di SMAN 1 Padang.Penelitian ini berbentuk deskriptif. Populasi penelitian adalah peserta didikSMAN 1 Padang. Jumlah sampel yaitu 123 siswa dengan mengguakan tekniksimple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data dianalisisdengan teknik persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi peserta didik berkaitandengan pelaksanaan peminatan berada pada kategori baik dengan persentase79,2% , artinya peserta didik setuju terhadap pelaksanaan peminatan (2) persepsipeserta didik berkaitan dengan peran personil sekolah dalam peminatan beradapada kategori sangat baik dengan persentase 81% artinya peserta didik sangatsetuju dengan peran personil sekolah dalam peminatan. Dari hasil penelitian yangdiperoleh, maka disarankan kepada pihak penyelenggara peminatan peserta didikagar mampu mempertahankan kinerja yang selama ini dilakukan sehingga pesertadidik selalu berpikir positif terhadap program peminatan, dan juga diharapkankepada peserta didik untuk mampu aktif berpartisipasi dalam kegiatan yangdiselenggarakan sekolah berkaitan dengan program peminatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PESERTA DIDIK, PROGRAM PEMINATAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:04 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13492 |