Kampanye Memasyarakatkan Penggunaan Sepeda Kepada Mahasiswa Universitas Negeri Padang melalui Media Post.

Purnomo, Bambang (2012) Kampanye Memasyarakatkan Penggunaan Sepeda Kepada Mahasiswa Universitas Negeri Padang melalui Media Post. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_BAMBANG_PURNOMO_04764_4035_2012.pdf] Text
B1_5_BAMBANG_PURNOMO_04764_4035_2012.pdf

Download (614kB)

Abstract

Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan salah satu lembagapendidikan tinggi negeri terkemuka di Sumatera Barat. Dalam sebuah institusibaik pemerintah maupun swasta, penggunaan alat transportasi sangat berperanpenting untuk mendukung kelancaran aktivitas yang dilakukan. Saat ini, alattransportasi yang banyak digunakan di Universitas Negeri Padang adalahkendaraan bermotor jenis mobil dan motor.Fenomena yang terjadi di Universitas Negeri Padang mengenai kendaraanbermotor tersebut ialah, timbulnya ketidaknyamanan beraktivitas.Ketidaknyamanan ini meliputi, polusi suara, polusi udara, gangguan ketertibanyang ditimbulkan akibat kendaraan bermotor. Perancangan kampanye melaluimedia poster ini bertujuan untuk meciptakan suasana nyaman dan tertib dilingkungan kampus, serta menjadikan civitas akademik Universitas NegeriPadang yang lebih sehat tanpa polusi udara.Metode yang digunakan dalam kampanye ini menggunakan dua metode.Yang pertama metode pengambilan data dan metode analisis data. Metodepengumpulan data, penulis lakukan dengan cara wawancara, observasi, dandokumentasi. Kedua, metode analisis data menggunakan analisis SWOT. Darianalisis SWOT ini akan didapatkan kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness),peluang (Oppurtunity), dan ancaman (Threat) dari kampanye ini.Hasil analisis kampanye memasyarakatkan penggunaan sepeda kepadamahasiswa UNP adalah terciptanya sebuah perancangan media poster danpendukungnya yang mengacu pada prinsip-prinsip dan kaidah desain padaumumnya.Berdasarkan hasil dari perancangan di atas dapat disimpulkan bahwasemua unsur perancangan yang diterapkan, baik pada media utama maupun mediapendukung, mengacu pada konsep visual dan konsep verbal. Penerapan desaintata letak layout berdasarkan pada prinsip-prinsip desain supaya mendapatkanhasil yang maksimal. Saran-saran terlebih ditujukan untuk Universitas NegeriPadang, agar program bersepeda ini dapat dimasukan ke dalam Rencana IndukPembangunan Kampus (RIPK), sehingga aplikasi dari kampanye ini dapatberjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KAMPANYE, SEPEDA, MEDIA POSTER
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Disain Komunikasi Visual-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:53
Last Modified: 10 Jun 2025 06:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13483

Actions (login required)

View Item
View Item