Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Bukittinggi.

Ilmiwan, Bahril (2013) Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_BAHRIL_ILMIWAN_96912_3804_2013.pdf] Text
B1_5_BAHRIL_ILMIWAN_96912_3804_2013.pdf

Download (699kB)

Abstract

Bahan ajar memiliki peranan penting dalam menunjang proses kegiatanbelajar mengajar di dalam kelas. Bahan ajar juga harus mampu menyentuh siswauntuk berperilaku yang baik dengan cara menanamkan nilai-nilai karakter yangditulis secara eksplisit di dalam bahan ajar tersebut. Bahan ajar ini juga dipadukandengan model pembelajaran langsung sebagai sarana penguasaan konsep danmelatih keterampilan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengantujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar bermuatan nilai-nilaikarakter dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelasXI SMAN 1 Bukittinggi.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi ExperimentalResearch) dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group OnlyPosttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas XISMAN 1 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013. Kedua kelassampel ditentukan melalui teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan datapenelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif, pengamatan/observasi untukranah afektif dan ranah psikomotor. Analisis data menggunakan uji t pada tarafsignifikansi 0,05 untuk ranah kognitif, ranah afektif, dan psikomotor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif, nilai rata-ratates akhir kelas eksperimen adalah 86,91 sedangkan kelas kontrol 83,51. Padaranah afektif, nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 56,8, sedangkan kelas kontrol44,3. Pada ranah psikomotor, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,6sedangkan kelas kontrol 74,31. Berdasarkan analisis uji t bahan ajar bermuatannilai-nilai karakter berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada taraf signifikansi0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR FISIKA, NILAI-NILAI KARAKTER, MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:52
Last Modified: 10 Jun 2025 06:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13482

Actions (login required)

View Item
View Item