Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Magic Whiteboard Bagi Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research Kelas DII di SLB Bina Bangsa, Padang)

Rgp, Chori (2013) Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Magic Whiteboard Bagi Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research Kelas DII di SLB Bina Bangsa, Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_CHORI_RGP_95904_5951_2013.pdf] Text
B1_2_CHORI_RGP_95904_5951_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh temuan di lapangan dari
permasalahan yang terjadi pada siswa tunagrahita sedang di SLB Bina Bangsa,
Padang. Yang memiliki permasalahan dalam menulis dari hasil pengamatan
bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan simbol huruf, hasil tulisan
yang diperoleh terutama huruf vokal (a, i, u, e, o) belum terbaca dengan jelas dan
hasil tulisannya belum menyerupai bentuk huruf yang sebenarnya. Sementara
hasil asesmen menunjukkan kemampuan motorik halus dan kasar tidak ada
masalah. Berdasarkan hal tersebut penulis membantu siswa agar dapat
meningkatkan kemampuan menulisnya dengan menuliskan huruf vokal (a, i, u, e,
o) menggunakan Magic Whiteboard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah penggunaan Magic Whiteboard dapat membantu meningkatkan
kemampuan menulis permulaan bagi tunagrahita sedang.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Single Subject Research (SSR),
dengan desain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual
grafik dengan latihan menulis menggunakan Magic Whiteboard. Pengamatan di
laksanakan menggunakan pencatatan Frekuensi dengan banyaknya jumlah huruf
vokal yang di tulis dengan benar atau sesuai dengan pola yang di tentukan.
Berdasarkan analisis data dalam kondisi dan hasil analisis antar kondisi
terdapat 14 kali pengamatan yaitu pada kondisi A-B. Pada kondisi A
kecendrungan arah kemampuan menulis permulaan sedikit mengalami perobahan
dan pada saat intervensi hasil kemampuan menulis anak terus meningkat, hal ini
membuktikan jawaban hipotesis dapat di terima. Hipotesis tersebut adalah
meningkatkan kemampuan menulis permulaan bagi anak tunagrahita sedang kelas
DII.C1 di SLB Bina Bangsa, Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Permulaan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:51
Last Modified: 10 Jun 2025 06:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13481

Actions (login required)

View Item
View Item