Azira, Azira (2015) Pembuatan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif untuk Materi Kalor dan Alat Optik pada Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AZIRA_1106293_6193_2015.pdf [thumbnail of B1_5_AZIRA_1106293_6193_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AZIRA_1106293_6193_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan dengan pengadaan bahanajar berupa handout yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Handout yangsesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 adalah yang memuat nilai-nilaikecerdasan spiritual, kecerdasan sosial dan emosional, kecerdasan intelektual, dankecerdasan keterampilan. Keempat kecerdasan tersebut dikenal dengan istilahkecerdasan komprehensif. Namun handout yang memuat kecerdasankomprehensif itu belum ada. Solusinya adalah membuat handout yang memuatnilai-nilai kecerdasan komprehensif tersebut. Untuk itu, penulis melakukanpenelitian yang bertujuan untuk menghasilkan handout bermuatan kecerdasankomprehensif yang valid, praktis dan efektif.Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian Research andDevelopment. Objek penelitian yaitu handout bermuatan kecerdasan kecerasankomprehensif. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah: lembarvalidasi, lembar uji kepraktisan, lembar tes hasil belajar, dan lembar penilaiankecerdasan komprehensif siswa. Teknik analisis produk dan data yang digunakanadalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisisperbandingan berkorelasi.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan empathasil penelitian. Pertama, deskripsi contoh handout telah memenuhi unsur-unsurhandout menurut depdiknas dan dilengkapi dengan nilai-nilai kecerdasankomprehensif. Kedua, handout termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilaivaliditas menurut tenaga ahli adalah 86,46. Ketiga, nilai kepraktisan handoutmenurut guru dan siswa masing-masing adalah 88,47 dan 81,53. Keempat,handout bermuatan kecerdasan komprehensif ini dinilai efektif meningkatkanhasil belajar dan meningkatkan kecerdasan komprehensif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HANDOUT, KECERDASAN KOMPREHENSIF, KALOR, ALAT OPTIK |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 05:18 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 01:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13478 |