Ahmad, Riska (2012) Model Penyiapan Siswa Menghadapi Ujian Akhir: Studi pada Siswa Kelas III SMA di Padang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_RISKA_AHMAD_91701_6440_2012.pdf [thumbnail of B1_9_RISKA_AHMAD_91701_6440_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_RISKA_AHMAD_91701_6440_2012.pdf
Download (166kB)
Abstract
Berbagai upaya dilakukan sekolah untuk menyiapkan siswa menghadapi ujian
akhir, namun upaya itu belum memberikan hasil yang optimal. Sebagian siswa masih
percaya pada kunci jawaban yang beredar saat ujian berlangsung, dibandingkan
kemampuan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model
penyiapan siswa menghadapi ujian akhir melalui penerapan fungsi diagnosis dan fungsi
remedial dalam kolaborasi guru dan konselor.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan ( research &
development), dengan menggunakan pola “ADDIE” yang terdiri dari 5 (lima) langkah,
yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk
mengembangkan model ini data awal dikumpulkan dari 3 (tiga) SMA, yaitu SMA
Negeri 1, SMA Negeri 3 dan SMA Laboratorium UNP Padang, sedangkan kegiatan
implementasi dilaksanakan di SMA Laboratorium UNP Padang, dan evaluasi
diselenggarakan dengan mengikutsertakan pakar pendidikan.
Penelitian menghasilkan model penyiapan siswa menghadapi ujian akhir, dengan
konstruksi umum dalam dua unit operasional, yaitu substansi dan mekanisme kegiatan
penyiapan. Unit substansi kegiatan membahas tentang tiga hal yaitu apa yang harus
disiapkan, fungsi pokok penyiapan, dan bentuk kolaborasi kegiatan, sedangkan
mekanisme kegiatan dapat dilihat dari dua aspek, yaitu bagaimana pentahapannya, dan
bagaimana manejemennya. Berkenaan dengan apa yang harus disiapkan, adalah
penguasaan materi pelajaran (PMP) dan keefektifan hidup sehari-hari (KES) dalam
kegiatan belajar siswa. Fungsi pokok upaya penyiapan adalah terselenggaranya fungsi
diagnosis dan remedial, dalam bentuk kolaborasi guru dan konselor untuk
mengentaskan masalah penguasaan materi pelajaran terganggu (PMP-T) dan kehidupan
Sehari-hari Terganggu ( KES-T). Mekanisme kegiatan dalam model ini,
diselenggarakan melalui tahap diagnosis dan remedial yang dilakukan guru dan
konselor di bawah pimpinan kepala sekolah yang melaksanakan fungsi manajerialnya
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Siswa Ujian Akhir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 05:14 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 01:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13471 |