Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Flash Card untuk Anak Kesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas II SDN 18 Koto Luar Padang)

Rahman, Indra Fadlu (2014) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Flash Card untuk Anak Kesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas II SDN 18 Koto Luar Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_INDRA_FADLU_RAHMAN_54048_5702_2014.pdf] Text
B1_2_INDRA_FADLU_RAHMAN_54048_5702_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti
temukan diSDN 18 Koto Luar Padang. seorang anak kesulitan belajar
yang mengalami masalah dalam membaca, Contoh bola dibaca ola.. hal
ini terlihat saat pelakasanaan berlangsung. Berdasarkan hal tersebut maka
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa melalui media flash
card dapat meningkatkan membaca 20 kata bagi anak Kesulitan Belajar
kelas II di SDN 18 Koto Luar Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk
Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B dan teknik analisis
datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah
anak Kesulitan Belajar kelas II, Yang mana anak disuruh membaca 20
kata pada setiap kali pengamatannya. Pengukuran variabel ini
menggunakan persentase, berapa banyak kata yang dapat dibaca dengan
benar oleh anak.
Pengamaatan dilakukan dengan dua sesi baseline (A) yang dilakukan
sebanyak tujuh kali pengamatan, persentase kemampuan membaca 20
kata pada kondisi ini terletak pada rentang 25% , dan 35 %. Kedua, sesi
intervensi (B) dengan menggunakan media Flash Card pengamatan
dilakukan sebanyak sebelas kali, persentase kemampuan membaca 20 kata
pada kondisi ini terletak pada rentang 45%, 50%, 60%, 65%, 65%, 70%,
80%, 80%, 90%, 90%, dan 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,
maka analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi
kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan perubahan
level yang menunjukkan peningkatan kemampuan membaca 20 kata
secara positif, dan overlape data pada analisis antar kondisi sangat kecil
yaitu 0%, hal menunjukkan semakin kecil pesentase overlape maka
semakin baik pengaruh intervensi terhadap perubahan target behavior
dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data tersebut, mununjukkan
bahwa media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan membaca 20
kata bagi anak Kesulitan Belajar kelas II diSDN 18 Koto Luar Padang.
Peneliti menyarankan pada guru dan peneliti selanjutnya agar dapat
menggunakan media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan
membaca kata anak kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:10
Last Modified: 10 Jun 2025 05:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item
View Item