Kegiatan Pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013 di SMA N 7 Padang

Yanti, Tifani Denai (2018) Kegiatan Pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013 di SMA N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_02_TIFANI_DENAI_YANTI_1201723_2148_2018.pdf] Text
B1_4_02_TIFANI_DENAI_YANTI_1201723_2148_2018.pdf

Download (839kB)

Abstract

Kurikulum di Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Dalam Kurikulum 2013 mengedepankan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan. Kurikulum 2013 memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya penerapan pendekatan saintifik atau ilmiah dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana kegiatan pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013 di SMA N 7 Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam yang dilakukan terhadap guru, dan studi dokumentasi berupa RPP. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaksi. Hasil penelitian di SMA N 7 Padang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013 menerapkan pendekatan saintifik dan sudah berjalan dengan baik namun terdapat hambatan dalam kegiatan menanya karena terbatasnya waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM 2013, PENDEKATAN SAINTIFIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:05
Last Modified: 10 Jun 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13365

Actions (login required)

View Item
View Item