Pengembangan Handout Berbasis Model Sains Teknologi Masyarakat pada Materi Wujud Zat dan Perubahan Zat untuk Pembelajaran IPA Fisika SMP Kelas VII Semester 1.

Yana, Ayda Silfi (2014) Pengembangan Handout Berbasis Model Sains Teknologi Masyarakat pada Materi Wujud Zat dan Perubahan Zat untuk Pembelajaran IPA Fisika SMP Kelas VII Semester 1. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AYDA_SILFI_YANA_12737_1961_2014.pdf] Text
B1_5_AYDA_SILFI_YANA_12737_1961_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada kurikulum 2013 guru dituntut untuk mampu mendayagunakankeseluruhan sumber belajar. Salah satu sumber belajar menurut Depdiknas adalahbahan ajar. Bahan ajar yang digunakan di sekolah masih terbatas sehingga siswakesulitan dalam memahami materi pelajaran. Salah satu upaya yang dapatdilakukan adalah mengembangkan handout berbasis model Sains TeknologiMasyarakat. Handout dengan model STM (Sains Teknologi Masyarakat) dapatmemudahkan siswa dalam memahami materi yang didapatkan karena handout inidapat membuat siswa mengaplikasikan materi-materi yang ditemui dalamkehidupan sehari-hari. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untukmenghasilkan produk handout yang valid, praktis dan efektif berbasis modelSains Teknologi Masyarakat pada materi Wujud Zat dan Perubahan Zat untukpembelajaran IPA Fisika siswa kelas VII SMP semester 1.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Sebagai objek penelitian yaitu handout berbasis model Sains TeknologiMasyarakat pada materi wujud zat dan perubahan zat dan subjek uji coba adalahsiswa kelas VII3 SMP Negeri 14 Padang. Instrumen pengumpul data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar ujikepraktisan menurut guru Fisika, lembar uji kepraktisan menurut siswa, dan teshasil belajar dalam ranah kognitif. Teknik analisis produk dan data yangdigunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis statistikdeskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi menggunakan uji-t. Data yangdidapat dari penelitian menggunakan skala Likert.Hasil penelitian menunjukkan desain handout berbasis model SainsTeknologi Masyarakat pada kelas VII semester 1 SMP sangat valid dengan nilaivaliditas 89,59. Hasil uji kepraktisan dalam aspek kepraktisan penggunaannyamenunjukkan handout berbasis model Sains Teknologi Masyarakat ini sangatpraktis dengan nilai praktikalitas 89,6 untuk hasil tanggapan guru dan 88,5 untukhasil tanggapan siswa. Sedangkan hasil uji efektivitas handout berbasis modelSains Teknologi Masyarakat ini efektif yang ditandai dengan peningkatan hasilbelajar fisika siswa secara signifikan, didapat thitung > ttabel pada taraf signifikansi5%, dengan thitung sebesar 21,2 dan ttabel sebesar 1,70.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HANDOUT, TEKNOLOGI MASYARAKAT, WUJUD ZAT
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2025 09:30
Last Modified: 05 Jun 2025 09:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13357

Actions (login required)

View Item
View Item