Khofifah, Aulia (2013) Permasalahan yang disampaikan Siswa Kepada Guru BK/Konselor SMA Negeri di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AULIA_KHOFIFAH_04217_2975_2013.pdf [thumbnail of B1_5_AULIA_KHOFIFAH_04217_2975_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AULIA_KHOFIFAH_04217_2975_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan merupakan suatu keadaan yang tidak disukai adanya,sesuatu yang ingin dihilangkan, dan sesuatu yang dapat menghambat ataumenimbulkan kerugian. Adanya siswa yang ingin menyampaikanpermasalahannya ke Guru BK/Konselor seperti masalah mengantuk saat jampelajaran, nilai rendah, dan hubungan dengan guru mata pelajaran kurang baik .Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yangdisampaikan siswa kepada Guru BK/Konselor, faktor pendorong kedatangansiswa/klien dan hasil penanganan masalah di SMA Negeri Kota Padang. Jenispenelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampelCluster Random Sampling, dengan menggunakan instrumen penelitian yaituangket. Populasi penelitian siswa SMA Negeri 5, 8, dan 13 Padang yangberjumlah 2430 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 147 siswa. Data yangdiperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase melalui bantuanprogram Microsoft Office Excel.Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami permasalahanpribadi, belajar, sosial dan karir. Berupa masalah cemas atau khawatir tentangsesuatu yang belum pasti. Pada masalah belajar, siswa mengalami masalah sulituntuk belajar teratur, masalah sering dikecewakan teman-teman dan mengenaijurusan yang akan dipilih. Faktor pendorong kedatangan siswa/klien berasal dariluar dan dalam diri siswa yang berasal dari diri sendiri, yang dominan yaitu,siswa diminta kepala sekolah untuk berkonsultasi dengan Guru BK/Konselor danhasil penanganan masalah yang diperoleh siswa setelah menyampaikanpermasalahannya kepada guru BK/Konselor yang dominan adalah sebagian besarsiswa melakukan sesuatu yang bermanfaat agar masalah yang dialami terentaskan.Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada; (1) Guru BK/Konseloragar proaktif dalam memberikan layanan dan bimbingan konseling,mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling dan sebaliknya siswa yangtelah menyampaikan permasalahannya bisa meningkatkan kehidupan efektisehari-hari(KES) dan (2) Peneliti lanjutan untuk dapat meneliti masalah yangdialami siswa berupa faktor- faktor yang merintangi siswa menyampaikanpermasalahan kepada Guru BK/Konselor dan penyebab siswa membatasipenyampaian masalah kepada Guru BK/Konselor
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERMASALAHAN SISWA, GURU KONSELOR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 04:00 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13352 |