Gambaran Cara Belajar Mahasiswa Sejarah yang Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Masuk 2011-2012

Yuliana, Anisa (2015) Gambaran Cara Belajar Mahasiswa Sejarah yang Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Masuk 2011-2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ANISA_YULIANA_16164_925_2015.pdf] Text
B1_2_ANISA_YULIANA_16164_925_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perbedaan yang signifikan dalam proses belajar yang ada di SMK dengan proses belajar yang ada di jurusan Sejarah, dimana sewaktu belajar di SMK pelajarannya lebih banyak praktek dibanding teori lain halnya di jurusan sejarah yang lebih banyak pemahaman dan teori dibanding praktek. Hal tersebut membuat mahasiswa kesulitan dalam belajar sejarah, karena cara dan metode belajar di jurusan sejarah jauh berbeda dengan cara dan metode belajar di SMK. Di SMK jam pelajaran sejarah terbatas, bahkan ada SMK yang tidak belajar sejarah, sesuai dengan kebijakan SMK tersebut dan jurusan yang diambil, dan jika dilihat IPK mahasiswa Jurusan Sejarah yang berlatarbelakang SMK adalah baik, Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar mahasiswa Jurusan Sejarah yang berlatar belakang pendidikan SMK tahun masuk 2011-2012.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Data diambil dari mahasiswa sejarah 2011 dan 2012 yang berlatar belakang pendidkan SMK, melalui teknik observasi dan wawancara. Keabsahan data atau keakuratan data dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik triangulasi data. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil temuan, dalam mengikuti pelajaran mahasiswa yang berlatar belakang SMK telah adanya kedisiplinan dalam menghadiri setiap perkuliahan, dan mempunyai catatan-catatan dalam setiap perkuliahan, namun untuk keaktivan di kelas belum begitu tampak. Dalam belajar mandiri dirumah mahasiswa yang berlatar belakang SMK telah mempunyai jadwal belajar dan pengerjaan tugas dilakukan dengan baik tanpa menunda-nunda tugas, dan sumber belajar yang digunakan telah beraneka ragam. Dalam belajar kelompok, tidak semua mahasiswa yang mempunyai kelompok belajar tetap, sabagian membuat kelompok belajar ketika mengerjakan tugas yang dirasa sulit. Dalam mempelajari buku teks telah adanya variasi dalam mempelajari dan memahami buku teks dan telah mengatur jadwal membaca buku. Dan cara yang dilakukan untuk menghadapi ujian juga beraneka ragam, baik itu mempersiapakan materi yang akan diujiankan, mempersiapkan kondisi fisik maupun menghadapi gangguan pada saat ujian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cara belajar mahasiswa jurusan sejarah yang berlatar belakang pendidikan SMK secara keseluruhan sudah baik namun untuk keaktivan dikelas belum begitu tampak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GAMBARAN CARA BELAJAR MAHASISWA
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:00
Last Modified: 05 Jun 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item
View Item