Rahmadani, Firstya (2018) Kesesuaian Pengembangan Indikator pada Kompetensi Dasar dalam RPP Kurikulum 2013 Buatan Guru Sejarah Kelas X di SMA N 1 2x11 Enam Lingkung Tahun Ajaran 2017/2018. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_02_FIRSTYA_RAHMADANI_1201731_2171_2018.pdf [thumbnail of B1_4_02_FIRSTYA_RAHMADANI_1201731_2171_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_02_FIRSTYA_RAHMADANI_1201731_2171_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Indikator merupakan jabaran kompetensi dasar yang menjadi kriteria keberhasilan pencapaian kompetensi dasar. Dalam mengembangkan kompetensi dasar ke dalam indikator, diperlukan kesesuaian antara keduanya. Kesesuaian inilah yang akan diteliti pada RPP Kurikulum 2013 buatan guru sejarah kelas X di SMA N 1 2x11 Enam Lingkung tahun ajaran 2017/2018. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah kesesuaian pengembangan indikator pada kompetensi dasar dalam RPP Kurikulum 2013 tahun ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesesuaian pengembangan indikator pada kompetensi dasar dalam RPP Kurikulum 2013 tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengklasifikasian data. Data penelitian yang telah dianalisis dan disimpulkan akan dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian di SMA N 1 2x11 Enam Lingkung menunjukkan bahwa indikator pembelajaran yang disusun oleh guru mata pelajaran sejarah di SMAN 1 2 X 11 Enam Lingkung menunjukkan bahwa indikator yang dirumuskan dalam RPP hanya mengulang bunyi / teks dari Kompetensi Dasar sehingga formulasi yang tersusun bukanlah indikator karena tidak menggunakan kata kerja operasional sesuai tingkat kompetensi dan tidak menunjukkan adanya perilaku yang dapat diukur atau diobservasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KURIKULUM 2013, INDIKATOR, KOMPETENSI DASAR, RPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 04:00 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13345 |