Husni, Aufi (2014) Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis ICT Mengintegrasikan MSTBK pada Materi Mekanika Klasik Sistem Kontinu untuk Mencapai Kompetensi Siswa Kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AUFI_HUSNI_18404_5966_2014.pdf [thumbnail of B1_5_AUFI_HUSNI_18404_5966_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AUFI_HUSNI_18404_5966_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran Fisika membutuhkan bahan ajar sebagaipendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran Fisika. Kenyataan padaumumnya, bahan ajar yang tersedia masih belum mengintegrasikan aspek-aspekyang terkait, seperti Matematika, Sains lain, Teknologi, dan bencana. Bahan ajaryang digunakan masih belum mengintegrasikan nilai-nilai karakter yangseharusnya dapat ditanamkan dalam diri siswa melalui pembelajaran Fisika.Selain itu, bahan ajar yang digunakan masih belum memanfaatkan fasilitas ICTsecara optimal. Salah satu bahan ajar yang dapat mengatasi masalah ini adalahbahan ajar Fisika berbasis ICT mengintegrasikan MSTBK pada materi mekanikaklasik sistem kontinu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajarFisika berbasis ICT mengintegrasian MSTBK yang memiliki deskripsi baik, valid,praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk mencapai kompetensisiswa kelas XI SMA.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atauReserch and Development (R&D).Objek penelitian ini adalah bahan ajar berbasisICT mengintegrasikan MSBK pada materi mekanika klasik sistem kontinu.Prosedur penelitian ini meliputi enam tahap, yaitu mengenal potensi dan masalah,mengumpulkan informasi, mendesain produk, menvalidasi desain, memperbaikidesain, dan menguji coba produk. Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validasi untuk ujivaliditas, lembar angket kepraktisan untuk uji kepraktisan, lembar tes hasilbelajar, dan lembar penilaian karakter untuk uji efektivitas. Data yang diperolehdari uji validitas dan uji kepraktisan dianalisis dengan menggunakan metodegrafik. Data yang diperoleh dari uji efektivitas dianalisis menggunakan uji tberkorelasi.Hasil penelitian ini terdiri atas dua bagian. Pertama, bahan ajar Fisikaberbasis ICT mengintegrasikan MSTBK pada materi mekanika klasik sistemkontinu memiliki validitas sangat tinggi dengan nilai rata-rata validasi oleh tenagaahli dan praktisi masing-masing 87,50 dan 88,03. Bahan ajar ini memilikideskripsi yang baik karena telah sesuai dengan kriteria penilaian bahan ajarberbasis ICT yang ditetapkan Kemendikbud. Kedua, bahan ajar ini praktis danefektif digunakan dalam pembelajaran, masing-masing ditandai oleh nilai rata-ratakepraktisan yang tinggi yaitu 87,99 dan adanya perbedaan yangPelaksanaan pembelajaran Fisika membutuhkan bahan ajar sebagaipendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran Fisika. Kenyataan padaumumnya, bahan ajar yang tersedia masih belum mengintegrasikan aspek-aspekyang terkait, seperti Matematika, Sains lain, Teknologi, dan bencana. Bahan ajaryang digunakan masih belum mengintegrasikan nilai-nilai karakter yangseharusnya dapat ditanamkan dalam diri siswa melalui pembelajaran Fisika.Selain itu, bahan ajar yang digunakan masih belum memanfaatkan fasilitas ICTsecara optimal. Salah satu bahan ajar yang dapat mengatasi masalah ini adalahbahan ajar Fisika berbasis ICT mengintegrasikan MSTBK pada materi mekanikaklasik sistem kontinu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajarFisika berbasis ICT mengintegrasian MSTBK yang memiliki deskripsi baik, valid,praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk mencapai kompetensisiswa kelas XI SMA.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atauReserch and Development (R&D).Objek penelitian ini adalah bahan ajar berbasisICT mengintegrasikan MSBK pada materi mekanika klasik sistem kontinu.Prosedur penelitian ini meliputi enam tahap, yaitu mengenal potensi dan masalah,mengumpulkan informasi, mendesain produk, menvalidasi desain, memperbaikidesain, dan menguji coba produk. Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validasi untuk ujivaliditas, lembar angket kepraktisan untuk uji kepraktisan, lembar tes hasilbelajar, dan lembar penilaian karakter untuk uji efektivitas. Data yang diperolehdari uji validitas dan uji kepraktisan dianalisis dengan menggunakan metodegrafik. Data yang diperoleh dari uji efektivitas dianalisis menggunakan uji tberkorelasi.Hasil penelitian ini terdiri atas dua bagian. Pertama, bahan ajar Fisikaberbasis ICT mengintegrasikan MSTBK pada materi mekanika klasik sistemkontinu memiliki validitas sangat tinggi dengan nilai rata-rata validasi oleh tenagaahli dan praktisi masing-masing 87,50 dan 88,03. Bahan ajar ini memilikideskripsi yang baik karena telah sesuai dengan kriteria penilaian bahan ajarberbasis ICT yang ditetapkan Kemendikbud. Kedua, bahan ajar ini praktis danefektif digunakan dalam pembelajaran, masing-masing ditandai oleh nilai rata-ratakepraktisan yang tinggi yaitu 87,99 dan adanya perbedaan yang berarti antarkompetensi siswa setelah dan sebelum menggunakan bahan ajar. berarti antarkompetensi siswa setelah dan sebelum menggunakan bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR FISIKA, K SISTEM KONTINU |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 03:59 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13338 |