Jania, Atikah Suri (2019) Hubungan Kreativitas dengan Konsep Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ATIKAH_SURI_JANIA_15006113_5958_2019.pdf [thumbnail of B1_5_ATIKAH_SURI_JANIA_15006113_5958_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ATIKAH_SURI_JANIA_15006113_5958_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menujumasa dewasa. Dalam hal ini perubahan interaksi sosial serta pengendalian dirisalah satunya dipengaruhi oleh konsep diri. Dengan memiliki konsep diri yangpositif siswa mampu menerima keadaan dirinya dan memaksimalkan potensidirinya. Namun, kenyataannya di lapangan masih ada siswa yang memiliki konsepdiri yang negatif yaitu merasa dirinya tidak berarti, sangat sensitif terhadapkritikan serta merasa pesimis setiap kali menghadapi suatu masalah. Konsep diriadalah persepsi individu mengenai dirinya, kemampuan yang dimiliki, serta salahsatu faktor penentu seseorang dalam bersikap baik atau buruk sehingga dapatmenyebabkan perubahan pengetahuan, sikap, tingkah laku dan diduga salah satufaktor yang mempengaruhinya adalah kreativitas. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hubungan antara kreativitas dengan konsep diri siswa SMP N 2Padang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional denganmetode kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 223 siswa dipilih denganmenggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yangdigunakan adalah angket kreativitas dan angket konsep diri siswa dengan modelskala Likert.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kreativitas siswa di SMP N 2Padang secara rata-rata dikategorikan tinggi (2) konsep diri siswa di SMP N 2Padang secara rata-rata dikategorikan tinggi (3) terdapat hubungan yangsignifikan antara kreativitas dengan konsep diri siswa di SMP N 2 Padang.Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK/Konselor sekolahuntuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling, yaitu layananinformasi dan layanan konseling individual agar dapat membantu siswa yangmempunyai masalah mengenai konsep diri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KREATIVITAS, KONSEP DIRI SISWA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:56 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13300 |