Lubis, Aslamiah (2021) Hubungan Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa di SMK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ASLAMIAH_LUBIS_16006005_2270_2021.pdf [thumbnail of B1_5_ASLAMIAH_LUBIS_16006005_2270_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ASLAMIAH_LUBIS_16006005_2270_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kesiapan kerja bagi siswa SMK merupakan hal terpenting untukmemasuki dunia kerja, sebagai langkah awal untuk memasuki dunia kerja siswadituntut untuk mampu mengembangkan kemampuan, ilmu pengetahuan,keahlian serta atribut kepribadian agar mampu bersaing dalam memperolehpekerjaan yang diinginkan. Kenyataanya masih banyak siswa yang belum siapuntuk masuk kedunia kerja, dan dijumpai juga lulusan yang tidak terserap olehdunia kerja. Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat beberapa faktor yang dapatmempengaruhi kesiapan kerja, salah satunya adalah Self Efficacy. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Efficacy dengan kesiapankerja pada siswa SMK.Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui dengan pendekatandeskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMK Negeri9 Padang yang berjumlah 418 siswa, dengan sampel sebanyak 222 siswa, yangdipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakandalam penelitian ini yaitu angket. Data di olah dengan teknik statistikmenentukan nilai presentase yang di olah dalam program Microsoft excel, untukmencari hubungan antara kedua variabel digunakan teknik Pearson ProductMoment.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Self Efficacy berada pada kategoritinggi dengan persentase 58,1%, (2) kesiapan kerja berada pada kategori tinggidengan persentase 59,9%, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antaraSelf Efficacy dengan kesiapan kerja dengan rxy =0,415 dan taraf signifikansebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang positifsignifikan antara Self Efficacy dengan kesiapan kerja, artinya semakin tinggi SelfEfficacy maka semakin tinggi kesiapan kerjanya, kemudian jika semakin rendahSelf Efficacy maka semakin rendah kesiapan kerjanya. Kesiapan kerja yangdimiliki siswa SMK Negeri 9 Padang ini sudah tinggi, namun masih terdapatsiswa yang belum memiliki Self Efficacy dan kesiapan kerja yang bagus untukmemasuki dunia kerja. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagaisalah satu pedoman dalam pemberian layanan Bimbingan dan Konseling disekolah terutama dalam bidang karir dan kesiapan kerja siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KESIAPAN KERJA, SELF EFFICACY |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 05:19 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 05:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13256 |