Hubungan Tindakan Tegas Mendidik yang Diberikan Guru Mata Pelajaran dengan Disiplin Siswa di Sekolah

Filawati, Eva (2017) Hubungan Tindakan Tegas Mendidik yang Diberikan Guru Mata Pelajaran dengan Disiplin Siswa di Sekolah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_EVA_FILAWATI_1300354_5136_2017 IKO LAI.pdf] Text
B1_05_EVA_FILAWATI_1300354_5136_2017 IKO LAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tindakan tegas mendidik yang diberikan oleh guru dapat menjadikan siswa menjadi diri yang lebih disiplin. Namun saat ini masih banyak terlihat fenomena rendahnya disiplin yang dimiliki oleh siswa serta masih kurang
terlaksananya tindakan tegas mendidik yang diberikan oleh guru sebagai bentuk penanganan dari rendahnya disiplin siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk:
(1) mendeskripsikan tindakan tegas mendidik yang diberikan guru mata pelajaran, (2) mendeskripsikan disiplin siswa, dan (3) menguji apakah terdapat hubungan
antara tindakan tegas mendidik yang diberikan guru mata pelajaran dengan disiplin siswa di SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif korelasional.Populasi penelitian adalah siswa SMAN 1 2x11 Enam Lingkung, sampel penelitian adalah siswa SMAN 1 2x11 Enam Lingkung yang melanggar disiplin
sekolah sebanyak 73 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Instrumen penelitian menggunakan model skala likert yang mengungkapkan tindakan tegas mendidik dan disiplin siswa, kemudian
diolah menggunakan statistik deskriptif dan korelasional.
Temuan penelitian adalah: (1) Tindakan tegas mendidik guru mata pelajaran secara umum berada pada kategori baik. (2) Disiplin siswa secara umum berada pada kategori sedang. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara
tindakan tegas mendidik yang diberikan guru mata pelajaran dengan disiplin siswa. Berdasarkan temuan penelitian tersebut disarankan kepada Guru BK memberikan bantuan berupa layanan informasi (pentingnya disiplin), layanan
penguasaan konten (cara mengatur waktu), bimbingan kelompok (disiplin),konseling kelompok (hal yang menyebabkan tidak disiplin), yang dapat membantu siswa-siswa untuk meningkatkan kedisiplinannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 04 Jun 2025 05:11
Last Modified: 04 Jun 2025 05:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item
View Item